Sukses

Ini dia Jawara Sayembara Desain Rumah Wisata Indonesia

Dalam rangka mendukung program pembangunan 100.000 homestay di 10 destinasi wisata prioritas, "Sayembara Desain Rumah Wisata" digelar.

Liputan6.com, Jakarta Beragam penghargaan diberikan kepada para pemenang "Sayembara Desain Rumah Wisata (Homestay) Nusantara 2016" di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Selasa malam (25/10/2016).


‌ Kegiatan sayembara yang disenggarakan oleh PT Propan Raya dan didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar) serta Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) ini digelar, untuk membantu program pembangunan 100.000 homestay di 10 destinasi prioritas yang akan dimulai pada 2017 dalam upaya mewujudkan target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) tahun 2019.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya mengatakan, kegiatan sayembara ini sangat penting dalam upaya mengembalikan arsitektural tradisional yang khas, dan saat ini sudah banyak yang hilang. Padahal karakter lokal tersebut akan membuat suatu kawasan memiliki identitas budaya, yang akan menjadi atraksi tersendiri untuk memperkuat destinasi wisata.

“Desain homestay yang memiliki karakter lokal untuk memperkuat idestitas budaya masyarakat di sekitar destinasi wisata ini belum lama ini saya presentasikan di markas UN-WTO. Badan Pariwisata Dunia memberi perhatian serius terhadap upaya pelestarian kearifan lokal dalam mengembangkan pariwisata,” kata Arief Yahya.

Arief Yahya lebih jauh menjelaskan, Presiden Joko Widodo telah menetapkan pembangunan 10 destinasi prioritas sebagai “10 Bali Baru” yang dengan melibatkan peran serta masyarakat lokal dalam program desa wisata yang antara lain diwujudkan dalam usaha homestay, yang pembangunannya akan dimulai tahun 2017 dan mencapai sebanyak 100.000 unit pada 2019.

Sayembara Desain Rumah Wisata

Sayembara Desain Rumah Wisata (Homestay) Nusantara 2016 dengan hadiah total Rp 1 miliar ini mendapat respon yang luar biasa dari berbagai arsitek di Indonesia. Sejak diluncurkan pada acara Malam Arsitektur Nusantara Juli lalu hingga penutupan, tercatat sebanyak 993 tim yang mendaftar.
Menurut Ketua Pokja Tim Percepatan Pembangunan 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Kementerian Pariwisata RI, sekaligus ketua Panitia Sayembara, Hiramsyah Sambudhy Thaib, karya yang terkumpul hingga batas akhir penyerahan 20 September 2016 menembus 728 buah.

“Antusias para desainer, arsitek, ahli gambar bentuk rumah dalam sayembara Desain Arsitektur Nusantara untuk rumah wisata (Homestay) benar-benar luar biasa. Sepanjang sejarah sayembara arsitektur di Indonesia, inilah yang terbanyak pesertanya,” Hiramsyah Sambudhy Thaib.

PT Propan Raya sejak tahun 2013 secara konsisten mengadakan sayembara desain arsitektur nusantara bekerjasama dengan pemerintah serta mendukung pengembangan kota–kota kreatif di Indonesia.

“Kali ini kami dipercaya oleh Kemenpar untuk mengadakan kembali Sayembara Desain Arsitektur Nusantara untuk yang keempat kalinya dengan tema homestay,” kata Hendra Adidarma selaku owner PT Propan Raya.

Menurut Pak Adi, demikian sapaan akrab Hendra Adidarma, Indonesia sangat kaya akan arsitektur tradisional yang beraneka ragam dan unik dari berbagai daerah di penjuru Nusantara yang mencerminkan kearifan budaya lokal dan beradaptasi dengan alam atau ramah lingkungan.

“Warisan budaya dan teknologi yang sudah ada tersebut, apabila dikembangkan dengan inovasi dan ide kreatif dapat melahirkan suatu karya arsitektur yang mengangkat bangsa Indonesia ke tingkat dunia,” tambahnya.

“Hingga saat ini, Propan bersama Pemerintah Indonesia telah menyelenggarakan Sayembara Arsitektur Nusantara yang ke empat kalinya sebagai ajang inspirasi, aspirasi dan apresiasi pada dunia Arsitektur khususnya Arsitektur Nusantara”, Ungkap Yuwono Imanto selaku Direktur Propan Raya dan Panitia Pelaksana Sayembara.

Berikut daftar pemenang "Sayembara Desain Rumah Wisata (Homestay) Nusantara 2016".

Juara 1

Danau Toba: Jabu Na Ture
Tanjung Kelayang: Thin House
Tanjung Lesung: New Gateway Adventure
Jakarta: Titik Temu
Borobudur: Jinomon Urip
Bromo Tengger Semeru: Dusun Guyub Bromo
Mandalika: Rumah Separo
Labuan Bajo: Naung Kampung Papadaran
Wakatobi: Roma Boe
Morotai: Rumah Oku

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.