Sukses

Kenali Tanda-Tanda Tubuh Mengalami Dehidrasi

Ketahui tanda-tanda bila tubuh mulai terserang dehidrasi.

Liputan6.com, Jakarta Tubuh Kita membutuhkan banyak cairan dan air agar berfungsi dengan baik. Jika tubuh kekurangan cairan akibatnya tubuh akan terserang dehidrasi. Jika dibiarkan begitu saja, dehidrasi dapat mempengaruhi fungsi organ tubuh, dan menyebabkan penyakit-penyakit kronis seperti stroke, kejang, bahkan kematian.

Dalam beberapa kondisi, terkadang Anda tidak menyadari bahwa tubuh sedang kekurangan cairan seperti saat olahraga dan mengeluarkan banyak keringat atau saat cuaca panas. Setiap tubuh minimal harus minum 8 gelas sehari namun hal ini kerap kali dilupakan ketika tidak ada rasa haus

Untuk itu, ketahui tanda-tanda bila tubuh mulai terserang dehidrasi seperti yang dilansir dari self.com, Senin (31/10/2016) berikut ini.

1. Anda memiliki bau mulut.

Air liur memiliki sifat anti-bakteri. Jika Anda mengalami dehidrasi, kadar air liur Anda turun dan begitu pula kemampuan mulut Anda untuk melawan kuman penyebab bau mulut. Jika Anda merasa nafas Anda mulai mengeluarkan bau tak sedap padahal Anda sudah gosok gigi, cobalah minum lebih banyak air secara teratur dan lebih banyak

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mudah lupa dan bingung

2. Mudah lupa dan bingung.
Ketika pikiran mudah bingung dan lupa ini juga merupakan tanda-tanda dehidrasi. Minumlah air lebih banyak saat cuaca panas, kekurangan cairan dapat membuat Anda pusing.

3. Tiba-tiba ngidam ingin makanan tertentu.
Organ hati membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik. Ketika hati tidak mendapatkannya, hati memberi sinyal kepada otak bahwa hati butuh bahan bakar. Akibatnya Anda akan merasa lapar dan ngidam makanan tertentu, padahal sebenarnya tubuh Anda hanya membutuhkan air.

4. Kulit Anda mulai bermasalah
Cobalah lakukan tes sederhana ini, tarik kulit punggung tangan Anda lalu lepaskan, jika kulit cepat kembali ke tempatnya itu artinya Anda tidak dehidrasi, namun jika lambat itu artinya Tubuh mulai dehidrasi karena kekurangan cairan dan dapat menyebabkan elastisitas kulit berkurang.

5. Tidak berkeringat
Bila tubuh tidak mengeluarkan keringat bahkan saat cuaca panas sekalipun, ini juga merupakan tanda-tanda penting bahwa Anda dehidrasi. Karena kebutuhan cairan berkurang, tubuh pun tidak dapat memproduksi keringat. Hal ini bisa membahayakan, karena normalnya tubuh manusia akan mengeluarkan keringat terlebih saat cuaca panas atau sehabis berolahraga.

Widya Rahmi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.