Sukses

Potret Bekas Pembangkit Listrik Nuklir yang Jadi Wisata di Cina

Bekas pusat pembangkit listrik tenaga nuklir di China kini dibuka untuk publik oleh China sebagai salah satu destinasi wisata unik

Liputan6.com, Jakarta Sebuah bekas pusat pembangkit listrik tenaga nuklir baru-baru ini telah dibuka untuk umum sebagai salah satu destinasi wisata di Tiongkok. Bangunan tersebut berada di dalam sebuah gua terbesar yang pernah dibangun oleh manusia selama perang dingin.

Dibukanya bekas pusat pembangkit listrik nuklir tersebut memberikan kesempatan terbuka bagi wisatawan untuk mengeksplorasi cara kerja isi perut pabrik raksasa tersebut seperti dilansir dari lonelyplanet.com, Kamis (27/10/2016).

 

Pembangkit listrik tenaga nuklir ini memiliki luas sekitar 104.000 meter persegi yang dibangun di sebelah Barat Daya Tiongkok pada tahun 1966, lokasinya tepatnya berada di Chongqinq. Proses pembangunannya memakan waktu hampir 17 tahun sebelum akhirnya ditutup oleh Komisi Militer Pusat.

Gua yang dibangun dengan melibatkan hampir sebanyak 60.000 personil tentara ini, memang dibangun dan didesain sedemikian rupa sehingga tahan terhadap ledakan bom ataupun goncangan gempa bumi.

Selain dapat melihat-lihat bangunan, para wisatawan juga dapat melihat-lihat foto-foto yang dipamerkan di dalam gua. Foto-foto tersebut merupakan foto bangunan sejak awal didirikan pada pertama kalinya. 

Berikut penampakan bekas pusat pebangkit listrik tenaga nuklir yang menjadi destinasi wisata di Tiongkok.

VCG/Getty Image

VCG/Getty Image

VCG/Getty Image

VCG/Getty Image

VCG/Getty Image

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.