Sukses

Ini Perilaku Pasangan yang Dapat Sebabkan Anda Susah Tidur

Perilaku pasangan yang mengganggu pikiran Anda bisa jadi penyebab Anda susah tidur.

Liputan6.com, Jakarta Hubungan cinta yang tak sehat bisa menyebabkan tidur Anda tidak berkualitas, seperti yang dilansir dari Askmen.com pada Rabu (26/10/2016).

Mungkin bukan hal yang baru bahwa kualitas tidur Anda dapat ditentukan oleh hubungan cinta yang sedang Anda jalani. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang-orang yang bermasalah dengan pasangannya cenderung akan mengalami gangguan tidur yang kemudian dapat berdampak pada kesehatan secara keseluruhan.

Hubungan cinta yang bermasalah bisa jadi mimpi buruk, bahkan bukan sekedar sebagai metafora. Penelitian yang dipublikasikan dalam Social Personality and Psychological Science   dari Society for Personality and Social Psychology menemukan bahwa besar perhatian yang diberikan oleh pasangan kepada Anda sangat berkaitan dengan kualitas tidur Anda.

Studi yang menggunakan data dari sebuah proyek berjudul Midlife Development in the United States menemukan hubungan antara kedekatan seseorang dengan pasangannya dengan kualitas tidur mereka.

Tidur memainkan peran fisik penting karena memungkinkan tubuh untuk melakukan perbaikan, tapi ini hanya mungkin bila kita memiliki jumlah tidur yang berkualitas dan tanpa gangguan, yang dikenal sebagai 'restorative sleep'.

'Restorative sleep' dikaitkan dengan perasaan keamanan dan bebas ancaman, sehingga memiliki hubungan cinta yang tegang atau tidak mempercayai pasangan bisa mencegah efek positif dari tidur ini.

"Kami menemukan bahwa individu yang memiliki pasangan responsif dan perhatian tidak mudah gelisah, yang kemudian berpengaruh terhadap kualitas tidur mereka. Memiliki pasangan yang hadir untuk melindungi dan memberikan rasa nyaman adalah hal yang paling efektif untuk mengurangi kegelisahan dan ketegangan," Dr. Emre Selecuk dari Middle East Technical University Turki selaku pemimpin penelitian menjelaskan.

Di sisi lain, penelitian ini juga menunjukkan bahwa hubungan cinta dengan orang yang kurang tepat akan mempengaruhi kesehatan Anda, bahkan dapat mengurangi panjang usia Anda.

Seperti yang Dr. Emre Selecuk sampaikan, "Penelitian yang kami lakukan dalam beberapa tahun ini membuktikan bahwa untuk mendapatkan hidup yang lebih bahagia, sehat, dan berumur panjang, Anda membutuhkan pasangan yang responsif dan perhatian."

Jadi, jika hubungan cinta Anda membuat Anda susah tidur, maka hal itu juga akan berpengaruh pada kesehatan jangka panjang Anda baik secara fisik maupun mental. Ya, bersama dengan orang yang salah dapat 'membunuh' Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.