Sukses

Mudah Lelah? 5 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Energi Anda

Saat Anda lelah banyak makanan yang dapat meningkatkan energi Anda, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda telah melakukan rutinitas sepanjang hari, energi tubuh secara perlahan akan menipis dan membutuhkan dorongan untuk kembali stamina. Ternyata, ada makanan tertentu yang telah terbukti dapat membantu mengembalikan energi tubuh Anda.

Sangat penting untuk tetap menjaga tingkat dehidrasi dan konsumsi makanan yang kaya akan protein, serat dan karbohidrat. Dilansir dari Theactivetimes.com, pada Senin (24/10/2016), Sagan Schutlz, seorang personal trainer dan CEO dari WellWell, menjelaskan bahwa kacang-kacangan dan buah adalah makanan ringan yang memberi dampak yang besar. Faktanya, jenis makanan ini merupakan kombinasi dari serat dan protein yang dapat memperlambat pemecahan karbohidrat dan menyediakan pasokan glukosa di tubuh Anda.

Vitamin juga merupakan hal yang penting untuk mengembalikan energi Anda. Mereka dapat ditemukan di setiap makanan atau dalam bentuk suplemen. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu mengembalikan energi Anda.

1. Kopi

Kopi hitam | Via: istimewa

Schultz mengatakan bahwa kopi mengandung sumber potensial antioksidan yang dapat melindungi Anda dari penyakit seperti diabetes, alzheimer, penyakit jantung, dan depresi. Kafein di dalam kopi juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, adrenalin dan meningkatkan ingatan jangka pendek.

2. Kacang-kacangan dan buah-buahan kering

foto: theactivetimesKacang-kacangan dan buah-buahan merupakan kombinasi dari serat dan protein, yang dapat memperlambat pemecahan karbohidrat dan menyediakan pasokan glukosa dalam tubuh. Lemak sehat dapat ditemukan dalam kacang-kacangan dan biji-bijian juga dapat menyediakan sumber energi yang cukup dan ideal untuk daya tahan tubuh Anda.

3. Dark chocolate

Dark chocolate atau cokelat hitam (iStock)Dark chocolate memiliki banyak manfaat untuk kesehatan antara lain melindungi kulit, membantu pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung sekaligus membantu mengembalikan energi. The Daily Mail menjelaskan bahwa epicatechin, zat kimia yang terdapat dalam dark chocolate, dapat memberikan energi pada tubuh dengan melakukan pelebaran pembuluh darah.

4. Air lemon

Infused water, cara lain untuk membuat air putih semakin sehat dan segar (foto: http://www.doctoroz.com/)Segelas air lemon hangat di pagi hari akan meningkatkan energi Anda untuk mengawali hari. Air lemon merupakan sumber energi yang alami, bekerja membantu Anda agar tidak dehidrasi, membantu pencernaan tubuh, meningkatkan metabolisme, meremajakan kulit Anda dan meningkatkan suasana hati Anda.

5. Sari Apel8 Manfaat Kesehatan Cuka Sari Apel, Yuk Simak Apa SajaManfaat dari apel sangat tidak terbatas. Apel dapat membantu penurunan berat badan, menurunkan kolesterol, menghilangkan jerawat, dan bahkan menghilangkan bau mulut. Yang paling penting, apel dapat meningkatkan energi Anda. Cukup ganti minuman Anda di pagi hari dengan sari apel maka Anda akan mendapat energi tambahan untuk melewati hari.

(Achmad Rully P)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.