Sukses

Yuk, Kenali Jenis Ritsleting dan Cara Perawatannya!

Tanpa ritsleting, pakaian Anda tidak akan tertutup sempurna.

Liputan6.com, Jakarta Ternyata, ritsleting memilki beberapa jenis yang berbeda sesuai perutukannya. Namun banyak orang yang sering menganggap remeh keberadaan ritsleting hingga dibiarkan rusak saat penggunaannya. Untuk itu, mari kenali jenis risleting dan cara perawatannya seperti dirilis oleh Lifehack.org pada Selasa (25/10/2016).

Menurut bentuknya, ritsleting dibagi menjadi 2 jenis yaitu Coil Zipper dan Teeth Zipper. Coil Zipper terbuat dari spiral nilon, sehingga paling sering digunakan pada berbagai produk seperti tas anak-anak dan dompet. Ritsleting ini memiliki daya tahan yang tidak terlalu baik dan mudah rusak. Sedangkan Teeth Ziper adalah ritsleting berbentuk gigi yang biasanya terbuat dari besi dan plastik untuk benda-benda yang besar seperti tas laptop, ransel dan celana jeans.

Jenis lainnya adala Separating Zippers yang memiliki ujung terbuka pada satu sisinya. Biasanya terbuat dari Coil atau Teeth Ziper dan digunakan pada jaket serta hoodie. Jenis terakhir adalah Invisible Zippers yang merupakan risleting yang tidak terlihat penggunaannya dari luar. Biasanya ritsleting ini digunakan untuk rok dan gaun.

Untuk menjaga ritsleting tetap baik, berikut ini adalah cara-cara yang bisa digunakan. Bila ritsleting tersangkut, usapkan sabun cair dan buka pelan-pelan hingga tidak tersangkut lagi. Pastikan pada saat setrika baju, ritsleting terlapisi dengan selembar kain dengan keadaan ritsleting tertutup, sehingga tidak meleleh dan rusak. Usahakan pula ritsleting tertutup saat pakaian dicuci sehingga gigi dan penutup ritsleting tidak patah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini