Sukses

1 Juta Hektar di India dan Buthan Akan Dijadikan Suaka Harimau

Liputan6.com, Jakarta Populasi harimau telah menurun tajam hingga 96% selama satu abad terakhir, hal ini menyebabkan jumlah harimau yang ada hanya tersisa 4 ribu ekor di seluruh dunia. Penurunan populasi ini disebabkan oleh berbagai hal, selain dengan banyaknya perburuan liar, kecilnya habitat hidup harimau menjadi salah satu faktor besar yang mengakibatkan penurunan jumlah hewan ini.

Untuk itu Discovery Communications dan World Wildlife Fund (WWF) bekerjasama untuk membuat sebuah proyek yang bernama “PROYEK C.A.T. : Area Konservasi Untuk Harimau”. Untuk mewujudkan hal ini, Discovery akan mendanai suaka harimau di area seluas hampir 1 juta hektar di India dan Buthan. Tujuannya adalah memberikan ruang hidup, mangsa dan perlindungan untuk harimau agar terhindar dari perburuan liar.

Diharapkan program ini akan dapat meningkatkan populasi harmau liar. Selain itu penjaga hutan akan terbantu untuk mengawasi kesehatan harimau dan mengumpulkan data ilmiah untuk penelitian. Tujuan lainnya adalah, meningkatkan pengelolaan lahan sehingga bisa memberikan habitat yang layak bukan hanya untuk harimau saja, tapi untuk seluruh hewan liar yang ada.

Untuk menyukseskan kegiatan ini, Discovey akan memproduksi sebuah film dokumenter baru mengenai harimau. Film dokumenter ini akan ditayangkan di jaringan Discovery secara global pada tahun 2018. Selain itu berbagai iklan layanan masyarakat yang berkaitan dengan proyek C.A.T akan diproduksi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat serta mendorong penonton yang ada di seluruh dunia agar ikut mengambil tindakan untuk perlindungan harimau liar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.