Sukses

Menurut Ilmiah, Ini Lagu yang Dapat Membuat Anda Bersedih

Menurut penelitian ilmiah, ini lagu yang dapat membuat Anda bersedih.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda mendengarkan musik pada video di bawah, coba perhatikan apa yang Anda rasakan saat ini. Apakah Anda merasa rileks dengan bunyi mendayu dan instrumen gitar yang mengalun? Musik ini membuat Anda takut dan tidak nyaman? Atau justru membuat menangis?

Jangan malu, karena seperti dilansir dari Goodhousekeeping.com, Selasa (25/10/2016), penelitian memang menggunakan instrumental musik ini untuk memicu kesedihan. Lagu ini berjudul Discovery of the Camp yang mengisi salah satu serial TV Amerika berjudul Band of Brothers. Lagu ini telah digunakan di berbagai penelitian untuk memicu kesedihan seseorang, selama beberapa tahun terakhir. Dan, hasil dari studi terbaru mengatakan bahwa terdapat reaksi emosional kuat dalam lagu ini, yang mengarah ke rasa empati dan sensitif.

Peneliti musik meneliti 102 orang dengan rentang usia 18 hingga 67 tahun. Mereka disuruh mendengarkan lagu Discovery of the Camp sebelum menjawab pertanyaan tentang perasaan mereka. Berdasarkan jawaban, peneliti membagi peserta menjadi 3 grup. Grup yang merasakan kesedihan yang rileks (lagu tersebut membuat mereka menjadi damai), grup yang merasakan kesedihan yang gelisah (perasaan sedih yang takut dan gelisah) serta grup dengan perasaan sedih yang dalam. Lalu, peserta melanjutkan berbagai tes untuk mengukur tingkat empati.

Hasilnya, peneliti menemukan orang yang mengalami sedih yang dalam saat mendengarkan lagu tersebut cenderung memiliki tingkat empati yang tinggi dibanding kedua grup yang lain.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apa yang dirasakan ketika mendengarkan lagu ini?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.