Sukses

Mau Merekrut Pegawai Baru? Perhatikan 7 Hal ini

Liputan6.com, Jakarta Merekrut pegawai baru yang potensial merupakan hal terpenting untuk membangun perusahaan lebih maju di berbagai kondisi. Namun, memilih orang-orang baru juga merupakan jebakan bagi Anda karena bila tidak teliti, maka calon pegawai baru yang layak akan Anda tolak tanpa meyelidiki lebih jauh. Untuk itu 7 hal ini penting bagi Anda sebagai pedoman unuk merekrut pegawai baru, seperti dirilis oleh Tech In Asia pada Selasa (25/10/2016).

Perhatikan bahwa mereka adalah kandidat yang ingin bekerja di perusahaan Anda
Bahkan ketika Anda harus menyesal mewawancarai mereka 30 menit, bisa saja mereka bisa bertahan hingga 6 bulan ke depan di perusahaan Anda. Jadi perlakukan semua calon pegawai sebagai konsumen potensial.

Saat orientasi, seluruh pegawai harus dilatih menyesuaikan diri dengan perusahaan
Ceritakan mengenai profil perusahaan, apa yang sedang dikerjakan sekarang dan peluang di masa depan, saat memperkenalkan pegawai dengan pekerjaan apa yang harus mereka lakukan.

Lakukan audit terhadap pegawai baru yang masuk dalam jaringan Anda
Memberikan audit pada calon pegawai baru dapat memberikan Anda kesempatan untuk meningkatkan kapabilitas usaha saat ini. Pengukuran ini sangatlah penting untuk kemajuan perusahaan ke depan.

Beri pertanyaan yang lugas dan cepat dijawab
Pertanyaan yang baik adalah yang terbuka dan menguji kualifikasi calon pegawai baru. Tidak ada jawaban yang pasti dari pertanyaan ini, tapi melalui jawaban ini akan terlihat bagaimana pola pikir calon pegawai baru.

Rekrut cepat dengan membaca resume terlebih dahulu
Segera buat waktu interview secepat mungkin, bila sesuai dengan kriteria Anda, bisa saja mereka langsung diberikan tawaran bekerja keesokan harinya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membaca resume mereka terlebih dahulu, untuk mengenal latar belakang, apa yang mereka lakukan saat ini dan harapannya kedepan.

Biarkan Anda tampil bersinar saat wawancara
Calon pegawai baru memilih perusahaan dan pekerjaan karena ingin bekerjasama dengan orang yang mereka temui saat wawancara. Sehingga penampilan dan pribadi yang baik dapat meneguhkan keinginan mereka bekerja pada Anda.

Gunakan referensi
Bila tidak suka menjaring pegawai baru dengan waktu yang lama, referensi dapat membantu Anda dengan kemampuan yang sudah teruji. Anda tidak perlu membuang waktu berhadapan dengan calon karyawan yang buruk. Dengan memberikan arahan yang baik, Anda langsung mendapatkan pegawai yang bisa langsung bekerja.

 

Artikel Selanjutnya
5 Fakta Menarik dari Anniesa Hasibuan
Artikel Selanjutnya
5 Cara Kelola Uang agar Selamat Sampai Akhir Bulan