Sukses

Duduk Sepanjang Hari? Ini 3 Peregangan yang Dapat Anda Lakukan

Jika Anda terbiasa bekerja sambil duduk sepanjang hari, lakukan beberapa peregangan sederhana seperti di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Bukan sebuah rahasia lagi bahwa duduk selama delapan jam dalam sehari jelas tidak baik untuk kesehatan Anda. Bahkan, baru-baru ini, Erica Fritz, ahli terapi fisik di rumah sakit khusus bedah, menyatakan bahwa duduk sepanjang hari juga dapat menyebabkan rasa sakit kronis dan kenaikan berat badan, jika dilakukan selama bertahun-tahun.

Dilansir dari mydomaine.com, Jumat (21/10/2016), hal terburuk yang dapat terjadi jika Anda duduk terus menerus sepanjang hari adalah tekanan pada pinggul. Namun, Anda tidak perlu khawatir lagi, ada beberapa peregangan sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga tubuh tetap lincah dan sehat.

1. Meremas bahu
Ini adalah cara yang benar-benar sederhana, remas bagian tulang belikat Anda untuk membantu meregangkan otot dan memperbaiki postur tubuh.

2. Melipat dagu
Anda dapat melipat dagu dengan menarik dan membawanya hingga posisi telinga tepat berada di atas bahu. Cara ini dapat membuat sikap tubuh yang kembali tegak dan lurus.

3. Sejajarkan pada pintu
Latihan sederhana lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengangkat tangan tinggi dan letakkan tubuh sejajar tangan yang diangkat bersandar pada sebuah pintu. Cara ini akan menarik bahu pada posisi yang benar dan meningkatkan postur tubuh Anda.

Selain berbagai latihan sederhana di atas, Erica juga menekankan pentingnya untuk berdiri setiap 30 menit sekali.
"Berdiri tidak hanya mengurangi tekanan pada tulang belakang, namun banyak penelitian menyatakan bahwa metabolisme akan stabil jika Anda berdiri setiap 30 menit sekali," papar Erica.

Jika Anda melakukan latihan sederhana ini secara rutin, Anda meningkatkan aliran darah di tubuh dan mengurangi rasa sakit. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini