Sukses

Begini Caranya Mendapatkan Kepercayaan Orang di Pertemuan Pertama

Dapatkan kepercayaan dari orang yang baru pertama kali Anda temui dengan cara di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Percaya atau tidak, membangun kepercayaan adalah salah satu keterampilan hidup yang dapat membantu Anda sukses dalam banyak situasi sosial, seperti presentasi kerja sampai kencan pertama.

Selain itu, kepercayaan juga dapat membantu orang-orang di sekitar memperlakukan Anda dengan akrab.

Lantas, bagaimana jika Anda tidak dilahirkan dengan kepribadian yang memancarkan kepercayaan? Dilansir dari mydomaine.com, Kamis (20/10/2016), Maurice Schweitzer dan Adam Galinsky, psikiater percaya bahwa ada cara tertentu yang cukup sederhana untuk membantu Anda mendapatkan kepercayaan di setiap situasi. Apakah itu?

Jawabannya adalah keseimbangan antara kehangatan sikap yang Anda miliki dan kompetensi.

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 1966, kesalahan kecil yang dilakukan seseorang justru dapat membuat orang tersebut tampak menawan dan lebih menyenangkan.
Contohnya, sebuah kesalahan sederhana seperti menjatuhkan pensil, menceritakan lelucon yang buruk, atau menumpahkan kopi, dipercaya dapat membuat orang tersebut tampak rentan, menyenangkan, dan dapat dipercaya.

"Strategi ini menunjukkan secara efektif bahwa kepercayaan adalah sesuatu yang hanya dapat dibangun secara perlahan-lahan dan dari waktu ke waktu. Dengan membuat diri Anda tampak rentan, kepercayaan dapat dibangun dalam waktu yang lebih cepat," papar Maurice dan Adam dalam sebuah buku berjudul Friend and Foe.

Namun, sebelum Anda melakukannya, Maurice dan Adam menegaskan bahwa Anda perlu membangun kredibilitas terlebih dahulu. Bagaimana caranya?
Ungkapkan sedikit tentang profesi dan latar belakang diri Anda, sebelum benar-benar bertemu dengan orang lain. Sebaliknya, ketika Anda tampak rentan, sebelum mengungkapkan siapa diri Anda, cara ini tidak akan bekerja sama sekali.

Intinya, jangan takut untuk menunjukkan sisi konyol yang Anda miliki, bersikaplah apa adanya, dan jangan mencoba terlalu keras untuk mencoba mengesankan orang lain, karena hal ini hanya akan menjadi penghalang dalam situasi sosial. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini