Sukses

Selain Nikmat Dikonsumsi, Ini Kegunaan Rahasia dari Telur

Memiliki sifat yang unik, ternyata telur punya kegunaan rahasia yang belum banyak diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Telur ayam bukan suatu yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Banyak masakan khas Indonesia yang menjadikan telur ayam sebagai bahan pokok atau menjadikannya campuran agar sajian makanan menjadi lebih nikmat. Selain nikmat dikonsumsi, ternyata telur ayam sejak lama memiliki kegunaan lain yang bahkan belum banyak diketahui masyarakat. Seperti dikutip dari mashed.com, Minggu (23/10/2016), berikut beberapa rahasia kegunaan dari telur ayam yang belum banyak diketahui.

Bahan Dasar Cat Lukis
Cat minyak muncul sejalan berkembangnya seni kontemporer di zaman renaisans Italia pada tahun 1500. Tapi tahukah Anda, cat lukis yang digunakan dari zaman renaisans hingga kini menggunakan telur ayam sebagai bahan pokok pembuatannya. Cat lukis dibuat dengan menggunakan pigmen warna yang dicampur sedikit air dan kuning telur.

Perawat Rambut
Anda dapat berhenti membeli semua produk perawatan rambut yang harganya super-mahal, saat Anda mengetahui ternyata ada bahan alami dengan harga murah yang mampu bekerja untuk perawatan rambut. Memiliki kandungan protein yang tinggi, ternyata telur ayam telah lama digunakan manusia untuk perawatan kesehatan rambut. Sayangnya, karena telur ayam tidak mampu bertahan lama dalam kemasan, beberapa produk perawatan rambut saat ini justru tidak ada yang menggunakan telur ayam dalam kandungannya.

Pembersih Sepatu
Siapa yang sangka, putih telur ternyata telah lama digunakan sebagai pembersih sepatu kulit. Putih telur mampu menjadikan sepatu Anda lebih mengkilat tanpa takut menjadikannya bau, mengingat putih telur tidak berbau. Hanya dengan mengusapnya, seluruh bagian sepatu kulit yang kusam menjadi nampak seperti baru kembali.

Memperbaiki Radiator Bocor
Kebocoran radiator mobil di tengah jalan yang jauh dari bengkel tentu menjadi hal yang paling menyebalkan dalam hidup. Namun dengan sedikit pengetahuan tentang manfaat putih telur ayam, Anda bisa bertahan untuk terus menghidupkan mobil Anda sementara. Sifat putih telur yang mengembang dan menjadi padat saat dipanaskan menjadi solusi rahasia yang bisa digunakan saat radiator mobil Anda bocor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.