Sukses

Pastikan Kualitas Jus Buah dengan Tips dari Chef Yuda Bustara

Untuk hidup sehat, Anda harus cerdas memilih makanan yang Anda konsumsi.

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi buah-buahan sudah menjadi asupan penting untuk tubuh. Kini, buah-buahan juga tersedia dengan berbagai bentuk baik yang asli hingga yang berbentuk olahan seperti jus buah. Tapi tahukah Anda cara membedakan jus buah yang benar-benar asli dengan jus yang hanya memiliki rasa saja? Chef Yuda Bustara dalam kegiatan Jakarta Food Editor’s Club Gathering (18/10/2016), menjelaskan cara mengukur kualitas jus buah yang Anda konsumsi.

“Minuman dari buah itu terdiri dari 3 jenis, yaitu jus buah, sari buah dan rasa buah,” terang Chef Yuda.

Jus buah memiliki komponen buah 100%, artinya buah memiliki serat dan rasa yang asli, sehingga lebih kental dan sulit diminum. Sedangkan jenis kedua, sari buah, memiliki komponen buah sekitar 70% hingga 35% yang berarti masih memiliki rasa yang asli namun lebih mudah dicerna karena sudah ditambah dengan air dan bahan lainnya.

Untuk jenis terakhir, rasa buah, hanya memiliki unsur buah di bawah 30 persen sehingga yang tertinggal dari minuman buah ini hanya rasanya saja dan sudah banyak campuran tambahan. Sedangkan untuk nutrisi dan seratnya sudah berkurang jauh dari buah yang sebenarnya.

“Indikator pertama yaitu melihat dari kemasan, semua minuman yang tidak menggunakan kemasan tetrapack, biasanya sudah menggunakan pengawet,” jelas Chef Yuda. 

Indikator lainnya adalah dengan cara memperhatikan kemasan dari minuman buah tersebut, bila Anda membelinya dari supermarket. Dalam membeli minuman buah, harus dibiasakan terlebih dahulu membaca kemasan, sehingga dapat mengidentifikasi jenis minuman dan nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

“Sebenarnya semua makanan sehat, tapi harus sesuai dengan porsinya,” tutup Chef Yuda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini