Sukses

Berlatih Bicara untuk Dapatkan Pekerjaan Baru dengan 5 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Berbicara masalah pekerjaan, keterampilan bicara adalah satu hal penting yang harus Anda kuasai. Association of American Colleges and Universities menemukan bahwa dari sekian banyak lulusan perguruan tinggi yang sedang melamar pekerjaan, 85% yang dicari adalah yang memiliki keterampilan berbicara secara aktif dan percaya diri.

Dilansir dari popsugar.com, Kamis (20/10/2016), jika Anda merasa belum menguasai keterampilan berbicara dengan percaya diri, berikut ini adalah beberapa teknik yang dapat dicoba.

1. Rekam suara Anda sendiri
Beberapa kata vokal seperti "um" dan "ah" akan membuat Anda terlihat tidak percaya diri, bahkan tidak profesional.
Cara termudah untuk menghindarinya adalah dengan melatih diri berbicara di depan kamera. Pertama, carilah beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan saat wawancara kerja, kemudian rekamlah momen saat Anda menjawabnya. Anda akan melihat sendiri bagaimana sikap Anda jika sedang grogi dan mencari cara untuk menghilangkannya.

2. Memiliki inti pembicaraan
Biasanya para kandidat akan terjebak mengulang jawaban dan tidak memiliki inti pembicaraan, terutama jika menemui pertanyaan-pertanyaan yang tidak terduga. Hal ini tentu menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang tidak profesional.
Siapkan diri Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang paling dasar sebaik-baiknya.

3. Tarik nafas yang dalam
Jika Anda grogi saat akan melakukan wawancara kerja, tarik nafas yang dalam, karena cara ini akan membantu tubuh menjadi lebih tenang dan mengurangi ketegangan.

4. Berhenti membuat strategi
Jika Anda tergoda mengoceh saat menjawab pertanyaan wawancara kerja, berhentilah. Pegawai yang mewawancarai Anda akan lebih menghargai ketika Anda mengambil jeda sebentar untuk memberikan jawaban dengan serius.
Beberapa pertanyaan saat wawancara kerja memang dibuat untuk melihat bagaimana respon kandidat jika berada di bawah tekanan. Ambil waktu sebentar untuk memikirkan baik-baik jawaban yang akan Anda berikan saat wawancara kerja.

5. Perhatikan sikap tubuh Anda
Tidak peduli bagaimana pun Anda merasa grogi saat wawancara kerja, namun bahasa tubuh adalah sesuatu yang benar-benar harus Anda perhatikan.
Bahasa tubuh tidak hanya tentang bagaimana orang lain akan melihat Anda, namun juga dapat mengubah cara berpikir Anda tentang diri sendiri.
Jadi, sebelum wawancara kerja, cobalah melatih sikap tubuh yang baik di toilet.

Artikel Selanjutnya
Tips Genjot Produktivitas Sebagai Pekerja Lepas
Artikel Selanjutnya
5 Aturan Penting Agar Semua Pekerjaan Selesai Tepat Waktu