Sukses

Sedang Melamar Kerja? Ini 8 Alasan Anda Tidak Pernah Dihubungi

Liputan6.com, Jakarta Melamar pekerjaan selalu menjadi masa-masa yang menyenangkan, menyedihkan, dan mendebarkan. Mengapa? Biasanya Anda akan merasa cemas menunggu kabar setelah Anda mengirimkan lamaran, namun perusahaan tersebut tidak pernah menghubungi Anda kembali.

Dilansir dari popsugar.com, Jumat (21/10/2016), masa-masa ini bisa membuat Anda stres. Yuk kita ketahui beberapa alasan mengapa Anda tidak pernah dihubungi kembali.

1. Kontak yang Anda berikan salah atau hilang
Ketika melamar pekerjaan, Anda pasti akan diminta untuk mengisi berbagai formulir, salah satunya adalah tentang data diri Anda. Pastikan bahwa Anda memberikan lebih dari satu data diri, jika salah satunya hilang atau terselip entah di mana. Selain itu, sebelum mengumpulkan atau mengirimkan semuanya, pastikan bahwa semua data diri Anda tertulis dengan benar.

2. Anggaran biaya belum selesai dibuat
Setiap perusahaan pasti memiliki departemen untuk mengatur anggaran tersendiri dan mungkin mereka belum bisa menentukan berapa biaya yang bisa digunakan untuk membayar karyawan baru, sehingga mereka tidak mungkin menghubungi Anda sampai anggaran tersebut selesai.

3. Anda tidak melakukan tindak lanjut
Jangan selalu berharap bahwa pegawai akan langsung menghubungi Anda setelah melakukan wawancara kerja. Tindak lanjut adalah hal yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan posisi yang diinginkan, walaupun hanya dalam bentuk email yang mengucapkan terimakasih atau menyatakan ketertarikan Anda di bidang tersebut. Cara ini otomatis akan membedakan Anda dari kandidat lainnya yang mungkin tidak melakukan hal yang sama.

4. Perusahaan membutuhkan waktu
Jika posisi yang Anda lamar adalah bidang yang baru di sebuah perusahaan, pegawai mungkin membutuhkan waktu beberapa saat untuk mengetahui berapa banyak orang yang antusias melamar ke bidang tersebut.

5. Pegawai sedang berlibur
Ini mungkin menjadi kebenaran yang menyakitkan, namun seringkali terjadi. Pegawai juga membutuhkan liburan seperti orang lain. Respon yang lama setelah Anda melakukan wawancara mungkin dikarenakan pegawai sedang mengambil jatah libur mereka.

6. Pegawai sedang sangat sibuk
Lamaran Anda bukanlah salah satu hal yang paling penting. Jika sebuah perusahaan sedang sangat sibuk, semua pegawai mungkin akan membuat lamaran pekerjaan Anda menjadi hal nomor kesekian yang harus diperhatikan. Masih banyak hal penting lainnya yang harus diurus, selain lamaran pekerjaan Anda.

7. Tawaran pekerjaan telah diambil oleh orang lain
Sebuah posisi yang telah diisi oleh kandidat lainnya dan sedang dalam masa negosiasi memerlukan waktu yang jauh lebih lama dari perkiraan Anda. Tak hanya itu, bos dari perusahaan tersebut tidak akan memberikan Anda pengumuman apapun sampai statusnya jelas.

8. Posisi yang Anda lamar sudah tidak ada lagi
Ya, sebuah perusahaan bisa berubah kapan saja, termasuk posisi yang Anda lamar, dan pegawai tidak memiliki waktu atau lupa untuk memberikan kabar kepada Anda.

Artikel Selanjutnya
Tak Perlu Ragu Balikan dengan Mantan, Asal...
Artikel Selanjutnya
Intip Perbedaan Workaholic dan Tidak Bisa Mengatur Waktu Kerja