Sukses

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memesan Tiket Pesawat

Banyak hal yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan harga terbaik saat memesan tiket pesawat.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda sering mendengar saran saat ingin memesan tiket pesawat seperti: "Pesan pagi hari untuk mendapatkan penerbangan termurah!" atau "Jangan memesan pada Jumat malam!" Mungkin tidak semua orang pernah mendengar itu, tapi salah satu dari Anda pasti pernah mendengarnya.

Untuk Anda yang percaya pada waktu memesan tiket, terdapat pertanyaan-pertanyaan seperti: Apa hari pada waktu Anda memesan tiket pesawat benar-benar berpengaruh? Apakah waktu tertentu dapat lebih murah dari waktu yang lain?

Dilansir dari Hopper, pada Jumat (21/10/2016), akhirnya banyak didapatkan data dari banyaknya pencarian jadwal penerbangan dan inilah yang ditemukan. Jawaban singkatnya adalah ya, waktu dari hari Anda memesan berpengaruh pada harganya. Simak tips berikut untuk mendapatkan tiket pesawat termurah. 

Selasa tengah malam adalah waktu yang tepat untuk memesan

Wisatawan yang mencari tiket pesawat pada hari Selasa tengah malam dapat menghemat sekitar 6 persen pada harga penerbangan mereka, membuat ini waktu yang termurah dalam seminggu untuk memesan tiket pesawat. Secara umum, penerbangan yang sedikit lebih murah terdapat di tengah malam pada awal pekan (Senin hingga Rabu).

Jumat sekitar pukul 03:00 pagi adalah waktu termahal untuk memesan

Pembeli membayar tarif sekitar 3 persen lebih tinggi pada hari Jumat pukul 03.00 pagi. Ini terjadi karena cara maskapai mengelola penjualan mereka, dimulai di awal pekan kerja dan berakhir sebelum akhir pekan. Jadi itu menyebabkan kenaikan harga sebelum akhir pekan dimulai.

Harga tergantung rute

Rute yang jauh belum tentu memiliki harga yang lebih mahal, banyak yang menjadi faktor untuk menentukan harga tiket pesawat, seperti pendapatan dari maskapai, penjualan tiket pesawat, permintaan pasar, dan sebagainya Sementara beberapa rute tampaknya konsisten naik pada waktu yang sama setiap harinya dan harga dari rute yang lain tetap stabil sepanjang hari dan setiap minggu. Jadi siapa pun yang mengatakan Selasa pagi selalu termurah mungkin hanya melihat dari beberapa rute tujuan.

Jadi hari apa yang termurah untuk memesan? Hari termurah untuk memesan secara rata-rata adalah hari Rabu, sedangkan hari yang paling mahal adalah hari Minggu. Hal yang sama juga berlaku saat Anda memesan harga untuk kembali ke tempat asal Anda.

Apakah setimpal?

Untuk Anda yang mungkin sering berpergian dengan pesawat secara periodik mungkin ini akan sangat mempengaruhi pengeluaran Anda jika setiap penerbangan Anda dapat menghemat 6-10 persen. Dan untuk Anda yang hanya sesekali juga 6-10 persen dari tiket pesawat dapat Anda gunakan untuk kebutuhan Anda saat berwisata.

(Achmad Rully P)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.