Sukses

Sudah Wisuda? Hentikan 9 Kebiasaan Kuliah Ini

karena kebiasaan kuliah ini akan menghambat kemajuan di masa depan

Liputan6.com, Jakarta Kehidupan setelah wisuda akan jauh berbeda dari dari masa kuliah. Berbagai kebiasaan yang sudah dilakukan sejak kuliah akan menghambat kita untuk sukses di masa yang akan datang. Untuk itu, 9 kebiasaan ini harus dihentikan, seperti yang dirilis oleh Lifehack.org pada Kamis (20/10/2016).

Jangan Menunda-nunda
Biasanya mahasiswa sangat cinta menunda, bahkan hingga subuh mereka rela membuat laporan yang harus diserahkan pada pagi harinya jam 7 pagi. Tapi di dunia nyata tidak bisa seperti itu. Apa jadinya ketika bos mengetahui laporan yang harus dikerjakan dari awal bulan, dilakukan dua jam sebelum diserahkan?

Jangan jalan malam tanpa tujuan
Jika masa kuliah sering jalan malam tanpa tujuan, maka kebiasaan ini harus dihentikan. Karena di kehidupan nyata harus bisa mengatur waktu dengan baik dan memikirkan tanggung jawab orang lain. Jika masih ingin bertemu dengan sahabat karib, tinggal temui saja mereka, tapi sesuai dengan jadwalnya.

Jangan suka buat alasan
Membuat-buat alasan adalah kebiasaan yang berbahaya. Karena sekalinya dilakukan di kehidupan nyata, seluruh kebohongan itu akan terjadi setiap harinya dan akan merusak jadwal. Jadi, stop buat alasan untuk hidup yang lebih baik.

Jangan suka lalai
Saatnya menggunakan kalender untuk mencatat semua kegiatan yang harus dilakukan. Banyak hal yang harus disusun dengan rapi, bukan hanya diingat saja. Mulai dari pengeluaran, hingga biaya bulanan yang harus dibayarkan tepat waktu.

Jangan makan makanan cepat saji
Kebiasaan kuliah yang cinta dengan makanan siap saji akan membuat kesehatan berantakan. Hentikan dan mulailah memakan makanan sehat.

Jangan minum-minum
Jika masa kuliah, minum minuman keras merupakan hal lumrah, di dunia nyata harus dikurangi. Selain minum-minum menghabiskan uang dan menambah pengeluaran, hal ini juga membahayakan kesehatan.

Jangan merasa tidak puas
Bila di masa kuliah banyak impian yang ingin dilakukan, maka pada kehidupan nyata semuanya akan berubah. Terimalah semuanya dengan lapang dada, karena apapun yang sudah ditakdirkan, cepat atau lambat akan terjadi juga.

Jangan belanja barang yang tidak perlu
Ketika mahasiswa, seluruh biaya ditanggung oleh orang tua. Tapi ketika sudah wisuda, seluruh biaya harus dicari sendiri. Oleh karena itu, mulailah berhemat dan belanjalah untuk hal yang penting untuk hidup.

Jangan pasang status bodoh di media sosial
Karena saat ini, syarat mencari kerja adalah media sosial yang bersih. Para pencari kerja tidak akan mau merekrut orang yang memiliki catatan buruk di media sosialnya. Mereka juga ingin tahu bagaimana calon karyawannya berinteraksi di media sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini