Sukses

Selalu Merasa Kedinginan? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Bukan musim dingin dan tidak hujan, namun tubuh selalu merasa kedinginan? Simak beberapa penjelasan ilmiahnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda adalah salah satu orang yang selalu merasa kedinginan? Tidak di cuaca dingin sekalipun, Anda selalu merasa udara di sekitar terlalu dingin, walaupun orang di sekitar Anda tidak merasakannya.

Jika Anda pernah bertanya-tanya tentang alasannya, dilansir dari mydomaine.com, Selasa (18/10/2016), berikut ini adalah penjelasan ilmiah mengapa Anda selalu merasa kedinginan setiap saat.

Mulanya, Anda harus memahami terlebih dahulu bahwa kaum wanita cenderung merasa lebih dingin daripada kaum pria. Mengapa? Karena kaum wanita banyak menyimpan panas tubuh pada organ vital mereka.
Selain itu, rasa dingin ini dapat lebih terasa ketika kadar lemak dalam tubuh Anda rendah, sehingga tubuh kurang terlindungi.

Alasan lainnya dijabarkan oleh Dr. Roshini Raj, asisten profesor kedokteran di NYU School of Medicine, bahwa tubuh yang terlalu lelah, dehidrasi, dan kurang tidur dapat menyebabkan metabolisme dan sirkulasi darah terhambat. Sedangkan air sebenarnya membantu tubuh mempertahankan dan melepaskan panas lebih lambat, mempertahankan suhu tubuh agar lebih konsisten. Kurangnya asupan air dapat membuat Anda merasa kedinginan.

"Alasan lainnya adalah rendahnya tingkat zat besi atau vitamin B12 dalam tubuh, di mana keduanya berperan penting untuk mengatur suhu atau tiroid aktif," papar Dr. Roshini.

Dr. Roshini juga menyarankan Anda untuk pergi dan konsultasi ke dokter jika dingin yang dirasakan sehari-hari membuat Anda tidak nyaman, karena ketidaknyamanan ini juga membutuhkan perawatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini