Sukses

Agar Bahagia, Jangan Lupakan 5 Pelajaran Hidup Ini

Ingin bahagia? Jangan lupakan 5 pelajaran hidup ini.

Liputan6.com, Jakarta Ternyata, Anda sering melupakan berbagai pelajaran hidup saat berkegiatan sehari-hari. Hal ini menyebabkan Anda sering menghadapi kebuntuan. Bagaimana cara menghargai kehidupan dan menjalaninya dengan penuh kebahagiaan? Simak beberapa tips yang dilansir dari Lifehacks.org, Senin (17/10/2016) berikut ini. 

Hidup itu singkat

Ternyata, kita sering lupa bahwa hidup itu sebenarnya sangat singkat. Terkadang banyak orang yang menanti untuk “memulai kehidupan” padahal kita beranjak tua. Hal  terbaik yang bisa dilakukan adalah, segeralah sadar, dan lakukan apapun yang kita suka. Contoh, bila Anda ingin jadi penyanyi, mulailah rekam suara anda dan tunjukkan pada orang lain. Tidak ada yang tahu, bila suara emas Anda membuat produser rekaman tertarik keesokan harinya.

Hidup itu tentang apa yang Anda buat
Ya, sering sekali hal ini dikatakan berulang oleh tiap orang. Terdengar klise, tapi itulah kebenaran yang ada. Tidak ada orang lain yang bisa hidup dalam kehidupan Anda, hanya Anda sendirilah yang menjadi pusat perhatian. Kalau Anda ingin merasa bahagia, maka lakukanlah. Jika Anda sering merasa hidup seakan berhenti, cari penyebabnya dan bebaslah, sesuai yang Anda inginkan.

Jujurlah pada diri sendiri
Banyak orang yang mengatakan bahwa Anda harus mencintai diri sendiri. Tapi kenyataanya banyak masalah dibalik frasa ini. Sebenarnya, banyak hal yang bisa dicintai, tapi Anda harus mencarinya terlebih dahulu. Caranya adalah, jujur pada diri sendiri, hargai diri Anda sendiri. Bila Anda tidak bisa mencintai diri sendiri, setidaknya jujurlah. Berkata jujur membimbing Anda pada cinta.

Apresiasi waktu untuk diri sendiri dan untuk orang lain
Seringkali waktu habis tanpa kita sadari. Hanya untuk bekerja melihat layar komputer dan pulang tanpa berinteraksi dengan orang lain. Kekurangan waktu bersosialisasi seringkali menjadi penyebab depresi yang berkepanjangan. Untuk itu, buat jadwal setiap hari untuk ngobrol dengan orang lain, bersenang-senang dan berpikir bebas. Ingat, orang yang terdekat adalah orang di sekitar Anda.

Keluar dan lepaskanlah
Bila tidak senang dengan keadaan yang Anda alami, keluarlah. Bila tidak senang dengan beberapa orang dalam hidup Anda, lepaskanlah. Mempertahankan keadaan dan orang-orang yang tidak disukai tak akan membawa kebahagiaan. Jangan takut untuk bersedih dan memulai perubahan dalam diri sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.