Sukses

Seberapa Sering Anda Harus Mengganti Peralatan di Rumah?

Liputan6.com, Jakarta Banyaknya barang di dalam rumah Anda tentunya memerlukan perawatan yang tidak mudah. Namun, Anda tidak perlu khawatir, tidak semua barang memerlukan perawatan khusus? Lantas, apa saja?

Dilansir dari purewow.com, Selasa (18/10/2016), berikut ini adalah beberapa daftar barang yang membutuhkan perhatian khusus dan jadwal rutin untuk menggantinya dengan yang baru.

1. Bantal kecil
Bantal seharusnya menjadi barang yang ada di urutan pertama untuk diperhatikan. Hampir setiap saat Anda menggunakan bantal, sehingga noda dan bakteri harus diminimalisir, termasuk pada bantal kecil yang biasa Anda gunakan untuk bersantai.
Bersihkan bantal ini setiap 4 sampai 6 bulan sekali dan ganti dengan yang baru setiap 2 tahun sampai 4 tahun sekali.

2. Kasur
Kasur adalah tempat berkembangnya tungau, sehingga waktu terbaik untuk menggantinya dengan yang baru adalah setiap 7 tahun sekali.

3. Bantal tidur
Sama seperti kasur, bantal tidur yang kotor dapat membuat pemakainya alergi. Ganti bantal tidur setiap 2 tahun sekali.

1 dari 7 halaman

Selimut

4. Selimut
Pastikan Anda mencuci selimut satu bulan sekali secara rutin dan gantilah dengan yang baru setiap 5 tahun sekali.

5. Handuk
Jika Anda mendapati handuk Anda telah kehilangan daya serap, atau yang lebih buruk, telah mengeluarkan bau tidak sedap, gantilah dengan handuk yang baru setiap 2 atau 3 tahun sekali.

6. Keset kamar mandi
Sama halnya dengan handuk, keset kamar mandi juga memerlukan perhatian Anda. Beli keset kamar mandi setiap 2 tahun sekali.

2 dari 7 halaman

Sneakers

7. Sneakers
Jika Anda termasuk orang yang senang dengan olahraga lari setiap hari, ganti sneakers Anda dengan yang baru setiap 6 sampai 12 bulan sekali.

8. Bra
Semakin sering Anda mencuci bra, mereka akan semakin kehilangan elastisitas, maka ganti bra dengan yang baru setiap 8 bulan sekali.

9. Ponsel
Selain karena cepatnya perkembangan model yang baru, ponsel yang lama digunakan juga akan kehilangan daya gunanya. Gantilah ponsel Anda setiap 2 atau 3 tahun sekali.

3 dari 7 halaman

Kotak makan

10. Kotak makan
Agar makanan Anda terjaga kehigienisannya, maka gantilah kotak makan setiap 2 sampai 5 tahun sekali.

11. Filter air
Filter air juga butuh diganti, karena benda ini akan mempengaruhi rasa dan kebersihan air Anda. Waktu yang ideal adalah 2 bulan sekali.

12. Sikat gigi
Ganti sikat gigi Anda setiap 3 sampai 6 bulan sekali.

4 dari 7 halaman

Kuas makeup

13. Kuas makeup
Pastikan Anda mencuci semua kuas makeup setidaknya seminggu sekali. Gantilah dengan yang baru setiap 2 tahun sekali.

14. Maskara
Semakin sering Anda menggunakan maskara, tidak hanya masalah tongkat yang semakin tidak nyaman, cairan maskara pun seiring waktu akan mengering, dan yang lebih buruk, munculnya banyak bakteri. Gantilah setiap 3 bulan sekali.

15. Helm sepeda
Seiring berkembangnya teknologi, Anda juga harus menyesuaikan diri, terutama jika untuk alasan keselamatan. Salah satunya adalah helm sepeda, ganti dengan yang baru setiap 2 tahun sekali.

5 dari 7 halaman

Microwave

16. Microwave
Jika Anda menemukan warna makanan berubah atau suara mesin microwave yang tidak enak didengar, inilah saatnya untuk mengganti dengan yang baru. Perbaharui microwave setiap 10 tahun sekali.

17. Pendeteksi rokok
Beli pendeteksi rokok di dalam rumah Anda setiap 10 tahun sekali.

18. AC
Bukan gaya, mengganti AC dengan yang baru adalah tentang efisiensi. Semakin baru unit AC yang Anda miliki, semakin kecil pula tagihan listrik Anda. Tukar AC dengan yang baru setiap 10 sampai 15 tahun sekali.

6 dari 7 halaman

Hair dryer

19. Hairdryer
Jika hairdryer yang digunakan membuat rambut Anda kering dalam waktu yang lama, inilah saatnya untuk membeli yang baru. Waktu yang tepat mengganti hairdryer setiap 5 tahun sekali.

20. Kulkas
Ketika mendapati beberapa kerusakan pada kulkas Anda yang tidak lagi dapat dibenahi, gantilah dengan yang baru setiap 10 tahun sekali.

21. Bumbu masakan
Ini biasa terjadi pada ibu rumah tangga, membeli banyak bumbu masakan dan menyimpannya hingga lupa. Gantilah semua bumbu masakan yang ada di dapur setiap 6 bulan sekali.