Sukses

Dari 5 Tipe Pemimpin Ini, yang Mana Gaya Anda?

Liputan6.com, Jakarta Dalam karier dan berkomunikasi, setiap orang mempunyai karakter yang berbeda-beda. Hal ini juga tercermin ketika seseorang dipercaya untuk memimpin tim. Gaya kepemimpinan pun berbeda-beda. Namun demikian, menurut Evan Thompson dari artikel yang dilansir dari Linkedin pada Senin (17/10/2016), secara umum, gaya kepemimpinan bisa dibagi menjadi 5 kategori.

1. Tipe Otoriter
Mereka adalah sosok yang tegas, tetapi cenderung otoriter. Mereka senang mengambil keputusan sendiri. Hal ini ada baiknya, karena itu artinya tipe ini selalu punya solusi. Mereka tahu apa yang diinginkan dan paham cara mewujudkannya. Namun, karena tipe selalu ingin mendominasi, ada dua kemungkinan yang terjadi: rekan kerja akan sangat bergantung dan membutuhkannya, atau mereka bisa jadi orang pertama yang akan bicara bahwa tipe ini bukan atasan yang baik.

2. Tipe Bermulut Manis
Mereka adalah tipe orang yang bersedia mendengarkan persoalan orang lain dan ringan tangan untuk membantu. Sayangnya, sering kali mereka sering terpaksa berpura-pura manis di hadapan setiap orang, meski mereka jelas-jelas melakukan kesalahan. Tipe ini ingin dianggap sebagai teman yang baik. Mereka sangat takut, jika ada rekan kerja yang tersinggung atau ngambek, gara-gara keputusannya.

3. Tipe Demokratis
Karakter mereka cukup matang dan pandai menggali potensi-potensi yang baik dari setiap staf. Mereka juga cukup bisa menciptakan suasana menyenangkan, yang membuat orang lain nyaman mendiskusikan masalah yang tak dapat dipecahkannya sendiri. Dalam setiap keadaan yang membutuhkan pengambilan keputusan, mereka mampu mengontrol diri dan mencari pemecahan masalah dengan cara berdiskusi. Namun, mereka terlalu takut pada risiko dan konsekuensi buruk yang mungkin terjadi. Karenanya, mereka cenderung memerlukan waktu lama untuk memproses setiap pengambilan keputusan. Padahal, kadangkala, ada keputusan yang harus diambil mendesak dan tidak bisa berlama-lama.

4. Tipe Liberal
Mereka tak suka ikut campur urusan orang lain. Mereka menganggap setiap anggota tim punya potensi tinggi dan pintar. Jika sedang menghadapi masalah, mereka menganggap bawahan pasti bisa menyelesaikan sendiri. Hal ini membuat tipe pemimpin ini kadang lengah untuk mengomunikasikan hal penting terkait pekerjaan tim. Mereka tidak suka memberi instruksi ini-itu. Dengan cara ini, mereka merasa bisa menghemat waktu untuk memikirkan pekerjaan mereka sendiri. Hati-hati, kurangnya komunikasi dan terlalu membiarkan segala hal akan berjalan dengan sendirinya, bisa berujung pada hasil akhir yang kurang maksimal.

5. Tipe Plin Plan
Mereka tak mudah terpengaruh oleh pendapat orang lain. Mereka sering merasa kurang percaya diri tentang pendapat dan argumentasi mereka sendiri. Mereka cenderung mengiyakan berbagai tawaran yang datang dan mudah membuat janji. Akibatnya, mereka kewalahan sendiri. Sebagai pemimpin, mereka perlu punya visi dan rencana yang jelas untuk menentukan tujuan kepemimpinannya. Seorang pemimpin memang harus punya pendirian, karena ia akan didengarkan dan diikuti oleh para stafnya. Pertahankan sikap terbuka dalam menerima masukan dari orang lain. Tapi, alasannya harus tepat, yaitu karena ada pendapat dan ide yang lebih baik.

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Tipe Wanita yang Disukai Pria Berdasarkan Zodiak
Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Tipe Wanita yang Disukai Pria dari Zodiaknya