Sukses

7 Trik Kecantikan yang Berbahaya Jika Anda Lakukan Sendiri

Sebelum melakukan perawatan kecantikan sendiri di rumah, baca beberapa hal berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda adalah salah satu orang yang mudah termakan informasi, terutama jika informasi tersebut viral. Salah satu informasi yang sebaiknya dikonfirmasi dan disikapi dengan bijaksana adalah melakukan perawatan kecantikan sendiri.

Dengan kemajuan teknologi, banyaknya muncul blog, dan vlog, Anda mungkin telah menemui begitu banyak trik dan tips untuk melakukan perawatan sendiri di rumah, tanpa perlu repot mengeluarkan tenaga dan biaya untuk ke salon.

Namun, sebelum benar-benar melakukannya sendiri, ada baiknya mengetahui beberapa perawatan kecantikan yang justru berbahaya jika dilakukan sendiri, seperti dilansir dari independent.co.uk, Senin (17/10/2016).

1. Menghilangkan bintik hitam di wajah dengan pasta gigi

Menghilangkan bintik hitam di wajah dengan pasta gigi. Sumber : independent.co.uk.

Pasta gigi memiliki sifat anti bakteri yang digunakan untuk permukaan keras dari enamel gigi, bukan untuk kulit halus Anda.
Menggunakan pasta gigi di wajah berarti membuatnya kering, mengganggu keseimbangan PH, dan membuat kulit bersisik.

2. Membuat sayap eyeliner menggunakan selotip

Membuat sayap eyeliner menggunakan selotip. Sumber : independent.co.uk.

Mungkin Anda sering melihat beberapa vlogger menggunakan berbagai peralatan asing untuk melengkapi ritual kecantikannya, seperti selotip yang ditempelkan di ujung mata untuk membuat sayap eyeliner.
Perlu diingat bahwa area di sekitar mata Anda sangat rapuh, merobeknya dengan cara yang salah dapat menyebabkan daerah tersebut menjadi merah dan kasar.

3. Memanaskan penjepit bulu mata

Memanaskan penjepit bulu mata. Sumber : independent.co.uk.

Cara ini biasanya dilakukan untuk membuat bulu mata Anda semakin lentik. Namun, Anda harus tahu terlebih dahulu produk penjepit bulu mata yang Anda gunakan, karena salah menggunakan produk dapat menyebabkan luka bakar, bahkan membuat Anda kehilangan bulu mata.

4. Mengisap cangkir untuk membuat bibir tebal

Mengisap cangkir untuk membuat bibir tebal. Sumber : independent.co.uk.

Beberapa waktu yang lalu, di instagram sempat viral sebuah tantangan bernama #kyliejennerchallenge bagi para wanita yang ingin membuat bibirnya seksi ala Kylie Jenner.
Mereka mengisap cangkir untuk membuat tekanan pada bibir, berharap bibir mereka menjadi tebal seketika tanpa melakukan operasi sama sekali. Namun, jangan lupa bahwa cara ini juga dapat membuat pembuluh darah pada bibir Anda pecah dan pendarahan.

5. Menggunakan Vaseline untuk membuat bulu mata lebih tebal

Menggunakan Vaseline untuk membuat bulu mata lebih tebal. Sumber : independent.co.uk.

Petroleum Jelly dalam Vaseline sebenarnya dapat digunakan dalam banyak cara di banyak tempat, namun mengaplikasikannya di bulu mata hanya akan menyumbat pori-pori, menyebabkan tumbuh jerawat, flek, bahkan kista.

6. Mempertahankan makeup dengan hairspray

Mempertahankan makeup dengan hairspray. Sumber : independent.co.uk.

Sebenarnya ini merupakan cara lama, namun yang tidak disadari oleh banyak orang adalah hairspray dapat menyebabkan kerusakan serius pada kulit Anda.
Hairspray mengandung banyak bahan kimia dan kandungan alkohol tinggi yang dapat menyebabkan kulit mengalami dehidrasi dan menjadi sensitif. Tidak hanya itu, pori-pori wajah juga dapat tersumbat, kemerahan, dan iritasi.

7. Menggunakan Hidrogen Peroksida untuk memutihkan gigi

Menggunakan Hidrogen Peroksida untuk memutihkan gigi. Sumber : independent.co.uk.

Hidrogen Peroksida adalah bahan kimia yang dapat ditemukan di dalam pasta gigi untuk memutihkan dalam kadar yang tidak lebih dari 0,1% dan harus di bawah pengawasan dokter.
Jika Anda menggunakannya sendiri, risiko untuk merusak gigi, gusi, dan membakar jaringan lunak di dalam mulut sangatlah besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini