Sukses

Panorama Keindahan Kebun Sawit Jadi Pembeda Tour de Siak 2016

Tour de Siak menawarkan hal berbeda dengan hadirnya trek kebun sawit.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai pusat peradaban Melayu Riau, Siak punya peran strategis dalam meningkatkan kunjungan wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara. Apalagi Siak masuk dalam kawasan segitiga pertumbuhan antara Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Salah satu upaya meningkatkan kunjungan wisata di Siak, pemerintah setempat akan menggelar balap sepeda bertaraf internasional Tour de Siak 2016, pada 17-22 Oktober 2016.

Esthy Reko Astuti, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Kamis (13/10/2016) mengatakan, “Siak punya potensi wisata yang bisa dikembangkan. Penyelenggaraan sport tourism Tour de Siak 2016 salah satunya. Event sport tourism ini juga punya dampak ekonomi langsung kepada masyarakat, mengingat event ini akan meningkatkan kunjungan wisata ke Siak.”

Sementara itu, Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman mengatakan, Siak merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang ada di Riau. Sejalan dengan pembenahan infrastruktur, wisata Siak terus mengalami perkembangan positif dari tahun ke tahun.

“Bumi Lancang Kuning saat ini sedang berbenah mengembangkan layarnya dengan menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menggerakkan roda perekonomian. Kami harapkan sektor pariwisata akan memberikan kontribusi positif terhadap sektor lainnya,” kata Arsyad.

Berbeda dengan event setua yang digelar di berbagai tempat di Indonesia, Tour de Siak menawarkan hal berbeda dengan hadirnya trek kebun sawit. Trek ini menawarkan pemandangan yang khas yang hanya bisa ditemukan di Siak.

Bupati Siak, Syamsuar mengatakan, Siak telah lama dikenal oleh pebalap sepeda mancanegara. Dirinya mengakui, sejumlah pebalap sepeda internasional sudah pernah menjajal tantangan dan keindahan trek kebun sawit.

Para peserta Tour de Siak sendiri akan diuji dalam empat etape, etape pertama menjelajahi Siak – Simpang Dayun sepanjang 154,15 kilometer. Eatape II, Siak – Sungai Apit, trek ini memiliki panjangs ekitar 115 kilometer. Etape III Siak – Perawang sepanjang sekitar 182 kilometer, dan etape IV peserta akan menjajal Siak City Race sepanjang 110 kilometer dengan menjelajahi beragam lintasan, mulai dari jalan berliku hingga tanjakan curam, sambil menikmati indahnya alam Siak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.