Sukses

7 Kesalahan Menarik Uang di ATM yang Masih Sering Anda Lakukan

Selama menggunakan mesin ATM, ternyata Anda masih sering melakukan beberapa kesalahan.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda sering tidak menyadari makan atau membeli sesuatu di tempat yang hanya menerima pembayaran langsung atau cash? Hal ini mungkin terdengar biasa saja, namun bagaimana ketika Anda bukan orang yang terbiasa membawa uang cash?

Dilansir dari purewow.com, Kamis (13/10/2016), berikut ini adalah beberapa kesalahan yang masih sering Anda lakukan di mesin ATM saat mengambil uang.

1. Menarik uang di ruangan terbuka
Saat ini, ruang ATM biasanya adalah sebuah bilik kecil dikelilingi kaca dengan satu mesin ATM, memungkinkan hanya satu atau dua orang untuk masuk ke dalam ruangan tersebut.
Namun, mungkin Anda juga pernah menemui ruang ATM yang terbuka, di mana ketika Anda mengambil uang dari mesin ATM, beberapa orang dapat melihatnya.
Intinya, sebelum Anda mengambil uang di ATM, pastikan sekitar Anda aman.

2. Lupa mengubah pin
Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi, apa yang dilihat orang yang berdiri tepat di belakang Anda untuk mengantre, atau kamera yang mungkin merekam semua kegiatan Anda.
Untuk memastikan semua hal aman dan berjaga-jaga setelah melakukan transaksi, jangan pernah lupa untuk mengubah pin Anda.

3. Membukakan pintu untuk orang lain
Anda mungkin masih berpikir tentang sopan santun dan kemanusiaan, namun ketika Anda mengambil uang di ATM, satu hal paling penting adalah keselamatan Anda sendiri, bukan orang lain.

4. Membuang struk ATM
Apa Anda pikir bahwa komputer tidak pernah membuat kesalahan? Berarti Anda salah. Tanda terima atau struk ATM adalah bukti terbaik yang dapat Anda pegang, ketika terjadi sebuah kesalahan.
Jika Anda ingin membuang struk ATM, pastikan untuk menyobeknya terlebih dahulu.

5. Menggunakan kartu kredit
Mungkin Anda merasa lebih aman menggunakan kartu kredit, dibanding kartu debit. Namun, Anda salah.
Faktanya, Anda sama sekali tidak dianjurkan menggunakan kartu kredit, terutama menggunakan mesin ATM. Kartu debit adalah satu-satunya kartu yang dapat digunakan di mesin ATM.

6. Ke ATM hanya untuk melakukan deposit
Saat ini, semua hal dapat dilakukan secara digital, termasuk memasukkan uang.
Download aplikasi bank Anda di ponsel, dan Anda dapat melakukan apapun dari sana.

7. Tidak menghiraukan potongan biaya
Biaya bank dapat terus bertambah, jika Anda bersedia memperhatikannya. Jangan merasa masa bodoh, teleponlah bank Anda dan katakan keberatan Anda. Atau tidak, mereka akan terus menarik uang dari akun Anda secara otomatis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.