Sukses

8 Cara Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Otak

Berikut cara efektif untuk meningkatkan kemampuan otak.

Liputan6.com, Jakarta Seringkali peran otak sebagai sebuah organ dalam tubuh terabaikan karena banyak hal yang kita tidak ketahui tentang otak. Jika Anda menginginkan otak yang bisa memberikan berbagai pemikiran tak terbatas, inilah 8 cara efektif untuk meningkatkan kemampuan otak seperti yang dirilis dari lifehack.com, Jumat (14/10/2016).

Pantau keseimbangan gula darah Anda
Bila gula darah terlalu tinggi, maka akan membahayakan bagian putih dalam otak. Bagian putih merupakan tempat neuron berinteraksi mengirimkan pesan satu sama lainnya. Jadi bila gula darah normal dan seimbang, maka bagian ini dapat bereaksi lebih cepat.

Makan asam lemak yang cukup
Asupan asam lemak yang cukup sangat dibutuhkan untuk otak yang sehat. Contoh makanan yang bisa Anda konsumsi adalah ikan cod, salmon, sarden atau tuna. Kekurangan asam lemak dalam otak dapat menyebabkan demensia, depresi hingga schizophrenia.

Kurangi kadar stres
Ketika Anda stres, maka hormon kortisol akan dilepaskan oleh tubuh. Bila terlalu banyak, hormon ini dapat membahayakan bagian hippocampus yang bertanggung jawab untuk menyimpan memori dan menyebabkan alzheimer.

Lakukan simulasi otak
Simulasi otak dapat Anda lakukan dengan cara melakukan permainan otak. Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan berpikir, mengingat, serta berbicara dengan orang lain.

Kurangi infeksi pada tubuh
Ketika tubuh terinfeksi akibat luka atau pembengkakan karena masuknya virus dan bakteri, maka sistem imun akan diaktifkan oleh Gut Associated Lymphoid Tissues (GALT). Terlalu lama menggunakan GALT akan menyebabkan neuron melemah dan mengurangi kemampuan berpikir. Untuk mengatasi ini, memakan sayur, buah-buahan dan kacang merupakan cara terbaik.

Meminum teh hijau
Meminum teh hijau akan meningkatkan kemampuan otak Anda karena mengandung catechins yang bisa meningkatkan fokus dan perhatian selama bekerja.

Latihan fisik
Anda memang sering mendengar ini, tetapi salah satu kunci penting meningkatkan kemampuan otak adalah dengan cara melatih fisik Anda. Dengan latihan selama 20 menit setiap harinya dapat meningkatkan kecepatan proses informasi dan fungsi memori Anda.

Tidur yang nyenyak dan pulas
Banyak orang menganggap ketika tidur, maka otak juga ikut tidur. Kenyataannya adalah ketika Anda tidur, otak akan membersihkan dirinya dari racun yang ada. Bila kekurangan tidur, maka tidak semua racun akan keluar dan menyebabkan otak terganggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.