Sukses

6 Tanda Anda Harus Meninggalkan Pekerjaan

Liputan6.com, Jakarta Untuk Anda yang sekarang mempunyai pekerjaan yang membuat Anda nyaman mungkin tidak ingin keluar dari pekerjaan itu, terutama pada pekerjaan yang mempunyai gaji yang lebih dari cukup dan dilengkapi dengan rekan kerja yang menyenangkan.

Mungkin pekerjaan Anda tidak benar-benar apa yang ingin Anda lakukan untuk menghabiskan sisa hidup Anda, tetapi Anda mulai meyakinkan diri sendiri, "Pekerjaan ini baik-baik saja untuk saya, walaupun bukan pekerjaan yang saya inginkan, tapi untuk sekarang saya akan melakukannya."

Dan tidak ada yang salah dengan perasaan nyaman pada pekerjaan Anda sekarang. Namun perlu diingat bahwa menjadi nyaman dapat menyebabkan Anda cepat puas dengan apa yang Anda capai saat ini itulah zona bahaya. Perasaan puas cenderung menghasilkan alasan "Saya akan bertahan dengan ini untuk beberapa bulan lagi," atau "Saya tidak punya waktu untuk mencari pekerjaan yang lain" dan menuntun kita untuk berfikir "Pekerjaan ini akan saya lakukan untuk saat ini" atau "mungkin tidak perlu mencari pekerjaan sesuai dengan apa yang saya inginkan." Yang terburuk dari itu semua adalah rasa puas akhirnya akan mengarahkan Anda pada rasa takut. Dan perasaan takut memegang kendali atas diri Anda.

Jadi, jika ada satu nasihat yang bisa diberikan kepada siapa saja yang ingin maju secara profesional adalah: Jangan puas. Bahkan meluangkan waktu untuk secara teratur mengintrospeksi diri sendiri tentang kebahagiaan karier Anda dan dari itu semua lalu mempertimbangkan apakah sudah saatnya untuk membuat langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan.

Apa tanda-tanda bahwa sudah saatnya untuk serius mempertimbangkan untuk meninggalkan pekerjaan Anda saat ini dan mengejar impian Anda? Dilansir dari The Muse, pada Jumat (14/10/2016) inilah tanda-tandanya.

1. Anda hidup pada status quo

Jika Anda sudah berada di perusahaan dengan posisi yang sama tanpa kemajuan atau promosi selama tiga tahun terakhir dan Anda ingin terus bergerak naik dalam karir Anda ke depa saatnya untuk mencari pekerjaan di tempat lain. Bahkan dalam sebuah organisasi besar di mana promosi merupakan hal yang sulit didapat, Anda harus dapat membuat gerakan ke atas dalam jangka waktu ini.

2. Anda tidak mendapatkan benefit

Jika manajer tidak memberikan benefit pada kinerja Anda atau Anda mendapat timbal balik yang tidak sesuai dengan kinerja Anda, itu cukup sulit untuk belajar apa yang diperlukan untuk bergerak ke atas dalam sebuah organisasi atau tumbuh sebagai seorang yang profesional. Manajer yang baik akan terlibat dengan pengembangan karir Anda dan secara teratur memberi nasihat dan bimbingan kepada Anda. Jika tidak, Anda sebaiknya meninggalkan pekerjaan Anda saat ini.

3. Tidak ada pelajaran yang Anda dapatkan

Jika kurva belajar Anda telah diratakan atau Anda benar-benar tidak merasa tertantang di pekerjaan Anda sekarang, ini mungkin menandakan kebutuhan untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya. Anda mungkin tidak akan belajar sesuatu yang baru setiap hari di tempat kerja, tetapi Anda harus meningkatkan keterampilan Anda dan mendapat hal yang baru. Anda harus sering mendapat hal yang baru yang akan membuat Anda belajar, atau Anda bisa saja meminta untuk terlibat pada sebuah proyek baru, mendatar kursus yang meningkatkan kemampuan Anda, atau menghadiri konferensi atau seminar dalam minat Anda. Tapi jika kemungkinan hal tersebut tidak ada di pekerjaan Anda saat ini, itu pertanda bahwa perusahaan tidak serius tentang investasi dalam pengembangan karier Anda.

4. Seringnya perusahaan melakukan perombakan struktur organisasi.

Jika perusahaan Anda sering mengumumkan perombakan struktur organisasi, ini mungkin menunjukkan masalah kepemimpinan atau sebuah strategi dari perusahaan. Re-organisasi dapat memberikan kesempatan untuk naik dan bersinar, tetapi lebih sering daripada tidak, dan yang lebih penting mereka menciptakan lingkungan yang menantang untuk pengembangan karier Anda perlu mendapatkan perhatian. Prioritas Anda, fokus, dan kemajuan Anda pasti akan terpengaruh.

5. Banyak perusahaan yang menginginkan Anda.

Email dari perusahaan-perusahaan yang menginginkan Anda untuk bekerja di perusahaannya mungkin sesuatu yang cukup mengganggu, namun jangan Anda abaikan sepenuhnya. Seringnya Anda mendapat tawaran itu dapat menunjukkan bahwa Anda layak untuk bekerja di perusahaan yang lebih baik dari perusahaan Anda sekarang.

6. Merasa sudah waktunya untuk pergi.

Di luar tanda-tanda peringatan, jangan pernah mengabaikan keberanian Anda untuk pergi dari perusahaan Anda yang sekarang. Tidak ada yang tahu mungkin lingkungan pekerjaan Anda yang baru nanti akan lebih baik dari lingkungan pekerjaan Anda saat ini. Atau memang lingkungan pekerjaan Anda saat ini terdapat banyak masalah yang membuat Anda tidak nyaman.

(Achmad Rully P)

Artikel Selanjutnya
4 Tahap Temukan Pekerjaan Impian
Artikel Selanjutnya
Tips Jitu Agar Sukses Jadi Bos