Sukses

Putus Cinta Tanpa Masalah? Ini Caranya

Harus mengalami putus cinta, namun ingin semuanya berjalan dengan baik? Simak tipsnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada yang mengatakan bahwa putus cinta adalah hal mudah untuk dilakukan. Tentu saja, hal tersebut sangat sulit, terutama ketika Anda masih peduli dengan pasangan dan alasan yang menyebabkan hubungan tersebut berakhir.

Putus cinta adalah pengalaman yang mungkin tidak akan terlupakan. Anda membutuhkan waktu untuk mengerti keadaan, mungkin ditambah tidak bisa makan, tidur, berkonsentrasi kerja, dan menghabiskan waktu lama untuk berpikir mengapa hubungan tersebut harus berakhir.

Dilansir dari Independent.co.uk, Jumat (14/10/2016), menghindar dari pasangan setelah putus cinta untuk mempersiapkan diri sendiri ternyata bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan. Hal ini akan membuat pasangan menjadi bingung. Jujurlah, tegas, dan bersikap terbuka terhadap apa yang Anda rasakan, terhadap keraguan-keraguan Anda.

Selain itu, berikut ini adalah beberapa cara untuk menghadapi putus cinta dengan baik.

1. Tuliskan
Tuliskan apapun yang Anda rasakan, semua kegelisahan, dan hal-hal yang membuat Anda ragu. Jika setelah melakukan cara ini, Anda merasa dapat melanjutkan hubungan tersebut dengan pasangan, maka lanjutkanlah. Namun jika tidak, Anda tahu bahwa putus adalah keputusan terbaik.

2. Berdamai dengan perasaan diri sendiri
Akhiri hubungan dengan cara Anda ingin mengakhirinya. Jadilah pribadi yang baik dengan mengingat bahwa semua orang memiliki perasaan.

3. Jelaskan alasan Anda
Berikan alasan yang baik, jangan hanya mengatakan bahwa Anda tidak lagi memiliki perasaan padanya. Dalam sebuah hubungan, akan selalu ada sesuatu yang memicu Anda untuk mengakhiri hubungan, biarkan pasangan mengetahui hal ini dengan jelas.

4. Tidak disarankan untuk menjadi teman
Menjadi teman setelah putus cinta adalah satu hal yang benar-benar serius. Kecuali Anda merasa benar-benar siap dan yakin bahwa hubungan tersebut tidak akan mempengaruhi masa depan Anda, lakukan. Jika tidak, katakan kekecewaan Anda dengan cara yang paling baik.

5. Curahkan perasaan di tempat pribadi
Ya, jika Anda ingin mencurahkan perasaan, lakukan di tempat-tempat pribadi, bukan umum, terutama jika hal-hal tersebut cenderung emosional.

6. Tunjukkan rasa hormat Anda
Jangan pernah mengatakan sesuatu tentang perasaan Anda hanya melalui pesan singkat. Hubungan yang Anda jalin sekian lama seharusnya memberi Anda keberanian untuk menghormati orang lain, setidaknya bicaralah secara langsung. Jangan pernah menunggu waktu yang tepat karena tidak akan pernah ada waktu yang tepat.

7. Pikirkan diri Anda sendiri
Jika Anda baru saja mengalami putus cinta karena pasangan memperlakukan Anda dengan buruk, membuat Anda tidak nyaman atau aman, jangan memaksakan diri. Kumpulkan kekuatan dan lakukan apa yang perlu Anda lakukan untuk bangkit kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini