Sukses

Ingin Terlihat 5 Tahun Lebih Muda? Ini Caranya

Berikut cara jitu agar wajah terlihat 5 tahun lebih muda.

Liputan6.com, Jakarta Warna kulit tidak merata, keriput, bercak-bercak, kering, kusam, hingga pigmentansi kerap muncul dan membuat rasa percaya diri menurun. Sejalan dengan bertambahnya usia, kekhawatiran seputar kulit kian menghantui Anda. Ketika krim, hingga produk anti-aging gagal untuk membuat wajah agar tetap awet muda. Apa yang bisa dilakukan?

Jangan khawatir, ada pepatah lama yang dapat membuat Anda sedikit lega. "Anda adalah apa yang Anda makan". Menurut tim ahli gizi hal tersebut benar, karena dapat tingkat kesehatan dan kondisi kulit Anda tercipta dari asupan apa saja yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan membuat beberapa perubahan kecil dalam pola makan, Anda dapat terlihat awet muda. Berikut tips jitu seperti dikutip dari situs Dailymail, Jumat (14/10/2016).

1. Tanpa gula

Anda bisa menghabiskan ratusan ribu rupiah untuk membeli krim dan serum mahal, tetapi jika diet Anda dikemas dengan gula, Anda mungkin jangan terlalu berharap kulit bisa tampak lebih muda.

Gula dapat meningkatkan risiko obesitas dan segudang komplikasi lainnya. Gula dan karbohidrat olahan yang dengan cepat diserap, seperti gula, menyebabkan lonjakan hormon insulin. Ini dapat meningkatkan kadar testosteron dan menyebabkan jerawat.

Selain itu, glycation adalah ikatan antara gula dan protein dalam tubuh, membuat protein seperti kolagen dan elastin menjadi kurang efektif. Ini bisa mengakibatkan hilangnya elastisitas kulit, mendorong pembentukan kerutan.

2. Konsumsi ikan yang mengandung Asam Omega-3 dan 6

Omega-3 dan omega-6 memainkan peran penting dalam struktur dan penampilan kulit. Hal ini dapat membantu mempertahankan fungsi penghalang kulit dan mencegah hilangnya kelembaban. Keduanya juga diduga memiliki peran dalam dermis (lapisan bawah kulit).

Dengan mengendalikan peradangan dan meminimalkan kerusakan kolagen dari sinar UV. Disarankan mengkonsumsi ikan seperti salmon, makarel, dan sarden tiga kali dalam seminggu.

3. Konsumsi buah dan sayur yang mengandung antioksidan khususnya vitamin C

Antioksidan bekerja untuk melindungi kulit dengan membatasi efek radikal bebas dan mencegah terjadinya penuaan dini.

Salah satu antioksidan yang paling kuat adalah vitamin C yang bisa membantu kita untuk tetap terlihat muda. Proses penuaan kulit dapat terjadi karena penumpukan radikal bebas menyebabkan kerusakan pada sel-sel kita. Ini bisa melemahkan kekuatan pelindung kulit, yang menghasilkan kulit kusam, garis-garis dan rusak kolagen.

4. Konsumsi makanan yang mengandung zinc

Zinc memainkan banyak peran dalam tubuh dan terlibat dalam banyak proses biologis. Karena perannya yang luas, defisiensi zinc dapat ditunjukkan dalam berbagai cara, salah satunya adalah kondisi kulit yang buruk.

Zinc menjadi salah satu nutrisi yang paling penting untuk kecantikan. Zinc berguna dalam penanganan jerawat dan kondisi kulit lainnya. Cobalah untuk menambah asupan gandum, biji labu, telur, tiram dan kacang polong dalam pola makan Anda.

5. Konsumsi protein yang cukup

Protein sangat penting untuk perbaikan jaringan dan untuk pembangunan lapisan kulit baru. Setiap sel dalam tubuh Anda membutuhkan protein. 

Bagaimana Anda bisa memastikan bahwa Anda memiliki cukup protein? Rata-rata, wanita membutuhkan 1 gram protein per kilo berat badan per hari. Ini berarti bahwa seorang wanita seberat 60 kg membutuhkan setidaknya 60 g protein, yang setara dengan dua dada ayam, empat telur atau tiga cangkir lentil dimasak. Jika Anda makan daging atau ikan dan makanan hewani lainnya sekali atau dua kali sehari, Anda mungkin mendapatkan asupan yang cukup, tetapi jika Anda seorang vegetarian maka Anda akan perlu untuk mengawasi berapa banyak protein yang Anda dapatkan.

Tera Tri Yusepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini