Sukses

Hindari 7 Gestur yang Beri Kesan Tak Profesional Saat Interview

Liputan6.com, Jakarta Selain komunikasi verbal, bahasa tubuh juga menentukan bagaimana orang melihat kita. Keterampilan komunikasi non-verbal yang baik memberitahu lawan bicara tentang bagaimana karakter Anda.

Mulai dari percaya diri, energik, profesional, sampai jujur. Seseorang dengan komunikasi non-verbal yang kurang baik memberi kesan rendah diri.

Hal itu berpengaruh pada kurangnya minat dari perusahaan untuk merekrut kita. Sebab itu kita harus tahu bahasa non-verbal yang baik saat interview kerja. Seperti melansir dari Business insider, Senin (10/10/2016), ada beberapa bahasa tubuh atau non-verbal yang membuat kita terlihat tidak profesional saat interview kerja yaitu :

1. Postur tubuh yang buruk
Agar terlihat percaya diri, kita harus berdiri tegak dan jangan membungkuk. Ini akan membuat kita terlihat lebih siap untuk memulai interview.

2. Gelisah dan gerakan tangan
Jangan terlihat gelisah dengan menggunakan banyak gerakan tangan. Banyaknya gerakan tangan menanda kelemahan dan kurangnya rasa percaya diri. Jika tangan kita tidak bisa diam, usahakan menciptakan gerakan tangan halus yang menunjukkan otoritas kita.

3. Tidak memberikan umpan balik
Tidak menanggapi apa yang dikatakan oleh lawan bicara bisa juga menjadi kesalahan besar dalam interview. Usahakan untuk menanggapi dan menunjukkan ketertarikan kita dengan apa yang sedang dibahas dalam setiap topik yang dilontarkan.

4. Tidak ada kontak mata
Kontak mata adalah salah satu hal penting dalam komunikasi non-verbal. Studi menunjukkan menjaga kontak mata saat berbicara memiliki dampak yang besar pada kemampuan kita untuk membujuk. Kurangnya kontak mata sering menyiratkan penipuan. Saat kontak mata, sesekali melihat ke kiri dan ke kanan tidak masalah asalkan jangan melihat ke bawah.

5. Jabat tangan yang lemah
Idealnya saat interview, berjabat tangan atau bersalaman, kita harus tegas tapi tidak terkesan sombong.

6. Ketidakcocokan pesan verbal dan non-verbal
Membuat ekspresi wajah berlawanan dengan apa yang kita ucapkan. Contoh saat Anda mengatakan sanggup melakukannya tapi menunjukkan gestur menyilangkan tangan dan memutar bola mata seperti terlihat ragu.

7. Tidak tersenyum
Tersenyum menunjukkan kepercayaan, keterbukaan, kehangatan, dan energi. Tanpa senyum, individu sering dilihat sebagai pribadi yang suram atau penyendiri.

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Hindari 5 Topik Diskusi Ini Saat di Tempat Kerja
Artikel Selanjutnya
5 Tips Wawancara Kerja bagi Anda yang Introvert