Sukses

Anda Tidak Bisa Fokus Bekerja? Mungkin Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Ternyata kemajuan teknologi tidak hanya memberikan dampak positif, namun juga dampak negatif bagi penggunanya. Dengan adanya internet dan keleluasaan untuk mengaksesnya melalui ponsel atau komputer, terkadang atau bahkan seringkali membuat Anda tidak fokus bekerja.

Beberapa orang bahkan memiliki kesulitan yang lebih besar untuk fokus dibandingkan dengan orang lainnya.

Dilansir dari mydomaine.com, Senin (10/10/2016), menurut sebuah studi terbaru dari para peneliti di UC Irvine, MIT Media Lab, dan Microsoft, orang-orang dengan gangguan neurotik akan lebih sulit fokus di tempat kerja modern.

Orang-orang dengan gangguan neurotik ini biasanya akan merasa cemas, sensitif, dan cenderung memikirkan hal-hal yang terjadi di masa lalu. Jika dipermudah, neurotik membuat seseorang menjadi rawan stres, bermasalah setiap hari, dan mencoba menjabarkan sebuah kejadian secara berulang-ulang di kepalanya.

Tim penelitian mempelajari aktivitas online dari 40 karyawan perusahaan berteknologi tinggi di Amerika selama 2 minggu. Ternyata, tingkat neurotisme yang lebih tinggi ditemukan di sini, berhubungan dengan terus menurunnya kemampuan untuk fokus pada tugas dari waktu ke waktu.

"Anda berharap dan mengerahkan semua energi mental terhadap sesuatu, namun apa yang terjadi tepat di hadapan Anda justru mengurasnya habis-habisan," tulis sebuah studi baru dalam New York Magazine.

Semakin sedikit energi dan perhatian yang Anda miliki, saraf neurotik semakin kesulitan menyaring gangguan yang terjadi, membuat Anda semakin sulit untuk fokus di tempat kerja.

Para peneliti menyimpulkan bahwa ternyata manusia memiliki rentang perhatian yang terbatas. Intinya, ketika Anda membuang perhatian pada hal-hal yang tidak penting, Anda akan semakin sulit fokus pada pekerjaan yang ada di hadapan Anda.

Artikel Selanjutnya
Jangan Bunuh Diri dengan Kelakuan Tak Pantas Bos Anda
Artikel Selanjutnya
Rasakan Hal Ini? Segera Resign Meski Anda Masih Betah