Sukses

Menakjubkan, Jalur Sepeda di Polandia Menyala dalam Gelap

Dengan jalur sepeda yang mampu menyala dalam gelap, bersepeda menjadi lebih aman dan nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Polandia baru meluncurkan jalur sepeda yang menakjubkan, jalur ini bisa menyala dalam gelap. Seperti diberitakan Boredpanda.com, Sabtu (8/10/2016), jalur sepeda yang ada di sekitar Lidzbark Warminski, utara Polandia ini dilapisi dengan phosphor. Material sintetis ini akan memberikan cahaya biru setelah disinari cahaya matahari.

TPA Instytut Banan Technicznych merupakan institut yang melakukan penelitian terkait jalur sepeda ini. Terinspirasi oleh Starry Night Bike Lane yang sudah ada di Belanda, mereka melakukan perubahan dengan memakai Luminophores yang bisa memancarkan berbagai warna.

Setiap harinya, partikel mengumpulkan energi dari cahaya matahari dan mengubahnya menjadi cahaya, sehingga jalur sepeda ini bisa menyala selama 10 jam. Biru terpilih menjadi warna yang digunakan karena sesuai dengan keadaan sekitar pada malam hari.

Jalur ini dilapisi oleh phosphor bercahaya biru (foto: TPA Sp z o.o )

Jalur sepeda ini diharapkan dapat memberikan keamanan dan kenyamanan pada pengendara sepeda yang beraktivitas malam hari.

Penelitian mengenai jalur ini terus dilakukan untuk menekan biaya pembuatan jalur sepeda bercahaya ini. Selain itu, tes ketahanan juga dilakukan untuk mengetahui seberapa lama lapisan luminophores akan bertahan di jalur sepeda sebelum terkelupas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini