Sukses

Ini yang Perlu Anda Lakukan Sebelum Liburan ke Luar Negeri

Ingin liburan ke luar negeri? Anda harus melakukan hal-hal ini terlebih dahulu.

Liputan6.com, Jakarta Liburan ke luar negeri mungkin menjadi impian bagi setiap orang yang hobi melakukan perjalanan jauh, di sana Anda dapat belajar banyak hal baru yang mungkin tidak Anda temukan di dalam negeri. Seperti budaya, makanan, iklim, dan masih banyak lagi yang perbedaan yang akan Anda temukan saat di luar negeri.

Pada saat liburan di luar negeri tentu Anda membutuhkan lebih banyak persyaratan daripada ketika Anda berlibur di dalam negeri, contohnya seperti paspor dan visa. Atau Anda juga perlu belajar bahasa asing agar bisa berinteraksi dengan masyarakat setempat.

Sebelum liburan di luar negeri, ada banyak hal yang perlu Anda lakukan agar liburan Anda menyenangkan, aman, dan tidak membuat Anda kesusahan karena persiapan yang kurang. Dilansir dari Avelist, Kamis (6/10/2016), ini hal-hal yang perlu Anda lakukan sebelum liburan ke luar negeri.

Periksa ketentuan dari paspor dan visa
Anda membutuhkan setidaknya enam bulan sebelum berakhirnya masa berlaku paspor Anda untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Periksa untuk melihat apakah Anda memerlukan visa untuk negara yang akan Anda kunjungi. Itu akan memakan waktu sekitar seminggu untuk prosesnya, jadi Anda harus merencanakannya. Pastikan juga Anda memiliki cukup halaman di paspor Anda, pertimbangkan akan berapa cap yang akan Anda dapatkan saat berlibur. Kemudian cari tempat yang aman untuk menyimpan paspor Anda.

Fotokopi dan scan dokumen penting
Jangan sampai Anda kehilangan ransel, dompet, tas, tetapi jika Anda kehilangan itu semua saat liburan Anda tentu memerlukan penggantinya. Scan dan simpan hal seperti paspor, visa, kartu asuransi kesehatan, kartu kredit, dan surat penting lainnya ke Dropbox atau Google Docs. Cetak setidaknya satu salinan dari halaman depan paspor dan menyembunyikannya dalam tempat berbeda dengan paspor Anda yang sebenarnya.

Periksa obat-obatan Anda
Untuk Anda yang mempunyai penyakit yang masih sering kambuh Anda harus pastikan membawa obat yang Anda butuhkan. Atau Anda bisa meminta obat tambahan jika Anda akan pergi dalam waktu yang lama.

Sortir uang Anda
Cari tahu mata uang negara yang Anda tuju dan cara terbaik untuk mendapatkan mata uang negara itu. Lebih baik jika Anda menukarkannya saat masih disini.

Membuat Anggaran
Jangan sampai perjalanan Anda membuat Anda bangkrut. Mulailah dengan pembelian besar Anda seperti penerbangan, akomodasi, tempat wisata. Lalu rencanakan pengeluaran yang sekiranya akan Anda butuhkan disana seperti makanan sehari-hari, transportasi, dan pembelian kecil lainnya.

Menghapal tiga kata
Jika Anda belum mengerti bahasa dari negara yang ingin Anda kunjungi maka Anda harus belajar. Atau paling tidak Anda menghapal tiga kata yang sering diucapkan disana, itu akan lebih memudahkan Anda.

Matikan roaming
Mobile Data bisa menghabiskan ratusan ribu dalam waktu yang singkat. Kecuali Anda memang telah merencanakan menggunakan roaming saat berlibur ke luar negeri. 

Memberi rencana perjalanan ke orang terdekat
Biarkan mereka tahu akan berada di mana Anda pada saat liburan, dan di dalamnya terdapat kontak yang bisa di hubungi, jadwal penerbangan, dan informasi akomodasi.

(Achmad Rully P)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini