Sukses

7 Ritual Pagi yang Bisa Mengubah Hidup Anda

7 ritual pagi sederhana yang dapat membuat hari-hari Anda terasa berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Seperti apa pagi Anda? Susah membuka mata, malas bangun, dan selalu terburu-buru karena takut terlambat ke kantor?

Saatnya Anda harus berubah. Dilansir dari AskMen pada Senin (10/10/2016), mengawali hari dengan 7 ritual pagi ini bisa membuat sepanjang hari kita menjadi lebih menyenangkan, dan bonusnya meraih kesuksesan di waktu yang akan datang.

1. Bangun pagi

Coba cek to-do-list Anda hari itu, jika jumlahnya bertumpuk, maka tak ada alasan untuk tidak bangun pagi. Hanya itu satu-satunya cara membuat pekerjaan Anda akan selesai. Bangun pagi juga membuat Anda tak perlu terburu-buru ke kantor dan bisa sarapan dengan lebih khusyuk.

2. Minum air putih

Banyak sekali manfaat minum air putih. Di antaranya, membersihkan usus, membuat Anda lebih mudah mencerna makanan, dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi. Air putih juga membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Ada juga sebagian orang yang mempercayai, minum air perasan jeruk nipis yang diberi air hangat mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Lakukan peregangan tubuh

Tak harus ikut kelas yoga di pagi hari selama 1 jam. Peregangan sebentar saja bisa membuat darah mengalir ke seluruh otot dan otak. Lakukan setidaknya 10 menit setiap harinya.

4. Sarapan

Bukan cuma teori usang yang sudah sering kita dengar sejak kita masih anak-anak. Sarapan adalah waktu makan yang paling penting, yang tidak boleh dilewatkan. Lebih bagus lagi jika sarapannya menu yang sehat. Sarapan membuat metabolisme tubuh kita menjadi lebih kuat, mengurangi rasa lapar sepanjang hari, menurunkan kolesterol, dan yang terpenting untuk produktivitas adalah sarapan bisa meningkatkan daya konsentrasi.

5. Waktu berkualitas untuk keluarga

Menelepon orang tua nun jauh di luar kota, atau bercengkerama dengan anak dan pasangan, sembari menyiapkan sarapan untuk mereka. Interaksi pagi hari, walaupun mungkin teramat singkat bisa mendekatkan kita dengan orang-orang yang kita sayangi.

6. Waktunya beberes rumah

Salah satu penyebab stres adalah ketidakteraturan menyimpan benda-benda di sekitar kita. Rumah berantakan, tagihan lupa dibayar, janjian hang out yang tak bisa ditepati, dan sederet daftar lainnya. Luangkan waktu sejenak untuk beres-beres, merapikan rumah, meletakkan barang-barang pada tempatnya, membuat perencanaan, dan mengecek jadwal yang harus ditepati. Jadilah lebih terorganisir!

7. Update informasi

Jangan sampai Anda melewatkan peristiwa besar yang terjadi hari itu. Tak ada salahnya scrolling berita sejenak di internet atau media sosial. Semakin banyak yang Anda baca, semakin Anda memahami suatu persoalan besar yang sedang dibicarakan. Bukan hanya pura-pura tahu, padahal tahunya hanya di permukaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.