Sukses

6 Cara Mengatur Kamar agar Tidur Lebih Nyenyak

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami sulit tidur, mungkin melakukan sedikit perubahan di kamar tidur perlu dipikirkan.

Selain waktu delapan jam untuk tidur berkualitas, dilansir dari purewow.com, Kamis (6/10/2016), berikut ini adalah beberapa cara mengatur kamar tidur agar tidur Anda di malam hari lebih nyenyak.

1. Terapkan warna pada dinding kamar

Dinding kamar. Sumber : purewow.com.

Menurut National Sleep Foundation, nuansa warna biru memiliki efek yang paling menenangkan bagi pikiran dan suasana hati Anda di malam hari. Ingin warna lain? Cobalah warna netral seperti abu-abu atau perak.

2. Minimalisir penerangan di dalam kamar

Penerangan. Sumber : purewow.com.

Tidak perlu menggunakan penerangan yang utama, pasang lampu kecil di meja samping tempat tidur atau sebar beberapa lilin dengan aroma yang menenangkan, seperti lavender atau vanili. Cara ini dapat membuat kamar tidur menjadi tempat yang lebih baik untuk tidur.

3. Aplikasi beberapa warna pada dinding kamar

Warna dinding kamar. Sumber : purewow.com.

Faktanya, semakin gelap ruangan, semakin baik tidur yang Anda dapatkan.
Jika Anda masih ragu untuk menggunakan warna yang terlalu gelap, aplikasikan gradasi warna di dinding kamar tidur.

4. Pilih material seprai yang tepat

Bahan tempat tidur. Sumber : purewow.com.

Jika Anda masih menggunakan bahan-bahan sintesis seperti polyester atau nilon campuran, ganti dengan sesuatu yang lebih lembut dan membuat kulit Anda dapat bernapas dengan baik, seperti katun.

5. Gunakan selimut

Selimut. Sumber : purewow.com.

Selimut juga dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Usahakan untuk selalu menggunakan selimut berbahan kapas, yang akan menghangatkan tubuh Anda di malam hari.

6. Ganti bantal Anda

Bantal. Sumber : purewow.com.

Bantal memiliki kurun waktu tersendiri untuk digunakan. Setidaknya dalam jangka waktu 1 atau 2 tahun, Anda harus mengganti bantal Anda, terutama jika di bantal tersebut telah terdapat noda atau semburat kuning permanen.