Sukses

Panduan Tinggal Serumah dengan Mertua

Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan apabila harus tinggal serumah dengan mertua.

Liputan6.com, Jakarta Tak mudah untuk berbagi tempat tinggal dengan orang lain setelah menikah, terutama dengan mertua. Namun coba berpikir positif, bahwa bagaimana pun mereka telah menjadi anggota keluarga Anda sendiri dalam pernikahan ini. Untuk tinggal dan berbagi tempat dengan mertua mungkin keputusan yang tidak bisa Anda hindari terutama jika pasangan Anda adalah anak tunggal. Sebelum setuju untuk tinggal bersama dengan mertua, Anda dan pasangan perlu duduk bersama untuk mendiskusikan segalanya dari apa yang mungkin terjadi dan Anda akan hadapi. Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan:

Lakukan hal berikut:

  • Anda mungkin tinggal di rumah yang sama, di bawah atap yang sama, namun memiliki zona pribadi adalah hal yang penting. Kamar Anda adalah area pribadi, termasuk kamar mertua Anda. Hargai privasi masing-masing agar tidak timbul masalah.
  • Bergaul dengan anggota keluarga lain. Kadang mungkin sulit bergabung dengan anggota keluarga lainnya di hari Minggu untuk bercakap-cakap, ketika Anda hanya ingin beristirahat dan tidur di balik selimut. Tapi kehadiran Anda menunjukkan Anda adalah bagian dari keluarga dan merupakan hal yang baik untuk dilakukan.
  • Bayar tagihan. Anda tinggal disana, hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah membiarkan mertua membayar semua listrik dan kebutuhan lainnya. Buat pembagian kewajiban untuk pengeluaran rumah tangga. Berbagi anggaran belanja bulanan misalnya, adalah hal baik yang bisa dilakukan.

Jangan lakukan hal berikut:

  • Bermalas-malasan. Anda bukan anak kecil lagi, cuci piring kotor dan baju Anda dan pasangan sendiri. Akan lebih baik lagi jika dapat berbagi tugas dengan anggota keluarga lain untuk membersihkan dan membereskan isi rumah.
  • Mengubah kebiasaan dan tradisi keluarga. Itu adalah rumah mereka, maka peraturan mereka yang berlaku. Jika Anda ingin memiliki jadwal yang berbeda, Anda bisa selalu berdiskusi terlebih dahulu dengan keluarga dan jangan paksa mereka mengikuti kebiasaan Anda.
  • Memulai drama. Seberapa kesalnya dengan mertua, jangan pernah berkeluh kesah di media sosial atau tempat-tempat yang bisa dilihat oleh anggota keluarga lain. Selesaikan masalah secara dewasa, tak ada gunanya memulai sebuah drama yang semakin membuat Anda tak nyaman berada di rumah tersebut dan berujung mengganggu pernikahan Anda.

Bridestory.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.