Sukses

Kurangi Dampak Buruk Duduk Seharian di Kantor dengan Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Anda pernah mendengar bahwa duduk dan bekerja selama berjam-jam dalam satu hari di kantor dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius di masa depan? Anda perlu melanjutkan membaca artikel ini, karena sebuah penelitian baru menyatakan bahwa duduk dalam waktu yang lama dalam sehari ternyata tak seburuk itu.

Di masa teknologi modern, semua yang Anda butuhkan Anda di depan mata Anda, meskipun hal ini membuat banyak orang hanya duduk di tempat yang sama dalam waktu yang sangat lama seharian. Namun, penelitian yang dilakukan oleh International Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa duduk dalam waktu yang lama tidak seburuk yang Anda bayangkan, seperti yang dilansir dari Marieclaire.co.uk pada Kamis (6/10/2016).

Para peneliti dari University of Exeter mengikuti 5.000 peserta selama 16 tahun, mengukur waktu yang mereka habiskan duduk di tempat kerja, di depan TV, dan lainnya dan tidak menemukan hubungan antara duduk untuk jangka waktu yang lama dan kematian. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bahwa kelompok yang mengambil bagian dalam percobaan ini mengkombinasikan waktu duduk yang lama dengan aktivitas fisik, rata-rata sekitar 12 jam kegiatan dalam seminggu. Dr. Melvyn Hillsdon, salah satu guru di universitas ini bahkan melangkah lebih jauh dengan mengatakan bahwa tak perlu mengeluarkan saran untuk mengurangi waktu duduk dalam sehari, kecuali juga memasukkan ajakan untuk meningkatkan aktivitas fisik.

Penelitian ini menemukan hal tersebut dengan latar belakang kesehatan. Duduk dalam waktu yang lama tidak buruk bagi Anda selama Anda juga melakukan aktivitas fisik yang intens. Satu-satunya hubungan antara kesehatan buruk dengan waktu duduk dalam sehari adalah rendahnya pengeluaran energi tubuh, dimana seseorang tidak perlu banyak energi jika hanya duduk di depan meja seharian.

Jadi, apakah artinya efek buruk dari waktu duduk yang lama saat bekerja dapat dihapuskan dengan beberapa sesi intens di gym?

Ternyata, tidak demikian. Para partisipan dalam penelitian ini melakukan olahraga dan mengeluarkan energi dengan cara berjalan paling tidak 40 jam per hari. Orang-orang dengan gaya hidup aktif tidak perlu merasa bersalah jika menghabiskan banyak waktu hanya duduk di depan meja.

Jadi, demikianlah. Jika Anda banyak menghabiskan waktu di depan meja selama bekerja, pastikan bahwa tubuh Anda tetap melakukan 'olahraga' dan mengeluarkan energi dengan lebih banyak berjalan kaki, atau mungkin memilih tangga daripada lift di kantor.

Artikel Selanjutnya
Ini 9 Cara Agar Anda Dapat Tidur Nyenyak di Dalam Pesawat
Artikel Selanjutnya
Tips Mengurangi Kebiasaan Ngemil yang Tidak Sehat