Sukses

Menghangatkan Diri di Curug Sawer yang Super Dingin

Sebelum sampai di Curug, Anda harus berjuang menaklukkan tantangan alam.

Liputan6.com, Jakarta Akhir pekan akan sangat menyenangkan bila diisi dengan kegiatan yang membuat tubuh semakin sehat dan segar. Salah satu kegiatannya adalah berpetualang ke tempat baru seperti gunung atau pantai. Nah, Curug Sawer yang ada di daerah Sukabumi menawarkan pesona khas pegunungan yang akan membuat Anda ketagihan menyicipi indahnya pemandangan di sini.

Curug Sawer merupakan salah satu air terjun yang ada di Sukabumi, Jawa Barat, tepatnya di dalam komplek Cagar Alam Gunung Gede Pangrango. Jalan menuju air terjun ini cukup mudah karena dari Kota Sukabumi, Anda bisa menaiki angkutan umum ke daerah Cisaat, dilanjutkan dengan perjalanan ke daerah wisata Situ Gunung. Namun, Anda harus ingat jadwal angkutan umum berangkat karena transportasi ini hanya ada hingga pukul 5 sore. Menjelajahi tempat ini menggunakan sepeda motor juga menjadi sebuah pilihan yang tepat.

Proses menghangatkan diri akan dimulai dari jalan menanjak yang akan diewati menuju Curug Sawer. Jalan ini terbentang sepanjang 2,4 Km di sepanjang kaki Gunung Gede Pangrango. Anda akan disuguhi pemandangan alam yang dipenuhi pohon pinus serta suasana yang dingin karena kabut yang turun dari gunung. Jalan menuju curug ini terhitung dalam kondisi yang baik, meski dibeberapa bagian ada yang rusak akibat kondisi alam.

Setelah berjalan selama 45 menit, Anda akan sampai di Curug Sawer. Tubuh yang sebelumnya lelah dan panas karena perjalanan akan segera kembali segar karena kuatnya hempasan angin dari air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter ini. Dengan kedalaman kolam sekitar 2,5 meter, Curug Sawer memiliki suhu air yang super dingin, mencapai 10 derajat Celsius, sehingga tidak disarankan berenang di kawasan ini.

Selain bisa menikmati dinginnya Curug Sawer, kawasan wisata Situ Gunung ini juga menawarkan keindahan Danau Situ Gunung, Bumi Perkemahan serta Outbound yang bisa dinikmati keluarga.

(Akbar Muhibar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini