Sukses

5 Makanan Ampuh Mengatasi Masalah Perut

Mual, kembung, atau diare? Segera konsumsi lima makanan yang akan menuntaskan masalah perut ini

Liputan6.com, Jakarta Semua orang pasti setuju jika masalah dengan perut adalah hal yang terburuk. Mual, kembung, diare, dan masih banyak lagi, tidak satupun di antara itu semua yang menyenangkan.

Banyak hal yang terganggu akibat masalah di perut seperti, Anda tidak bisa tidur, tidak bisa fokus, dan yang paling parah adalah tidak bisa makan.

Namun, ada makanan tertentu yang jika Anda mengkonsumsinya akan membantu meringankan itu semua. Ahli pencernaan, Dr. Lisa Ganjhu mengatakan semua orang memiliki sistem saluran pencernaan yang berbeda-beda. Ini berarti ada makanan yang ampuh membantu, namun ada juga yang tidak membantu sama sekali.

Tapi secara keseluruhan Anda harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat agar terhindar dari masalah pada perut. Makanan yang banyak mengandung serat dapat merangsang saluran pencernaan. Dilansir dari self.com, pada Rabu (3/10/2016), inilah lima makanan yang dapat mengatasi masalah perut.

1. Pepaya

Ilustrasi buah pepaya | Via: istimewaGanjhu menunjuk ke buah tropis ini karena mempunyai enzim yang disebut papain, yang dikenal dapat membantu melancarkan pencernaan. Namun jika Anda tidak suka dengan pepaya namun ingin tetap merasakan manfaatnya, minumlah pil yang mengandung enzim dari pepaya.

 

2. Daun mint

Daun mint cincang (Via: theproofofthepudding.net)Ganjhu menjelaskan bahwa peppermint bertidak sebagai analgesik dari saluran pencernaan, yang dapat membuat rileks otot-otot perut dan memperbaiki pencernaan. Inilah sebabnya mengapa Anda akan sering mendapati restoran yang memberikan permen setiap selesai makan. Dia merekomendasikan minum teh peppermint jika Anda sakit perut.

 

3. Biji adas

foto: gettyPernahkan Anda bertanya mengapa restoran India menyediakan biji adas pada saat selesai makan? Alasannya tidak begitu berbeda dari mengapa restoran lain memberikan permen pada saat Anda selesai bersantap. Ganjhu mengatakan adas mengandung banyak minyak yang terbukti membantu mengendurkan saluran pencernaan dan membantu pencernaan.

 

4. Jahe

Jahe. | via: seriouseats.comBahan ini tidak asing bagi siapa saja yang sering mengalami masalah pada perut. Ganjhu menjelaskan mengapa jahe menjadi bahan yang ampuh untuk mengatasi masalah perut. Jahe sangat membantu motilitas dari saluran pencernaan.

Itu berarti jahe membuat segala sesuatu yang ada di saluran pencernaan menjadi bergerak lancar, yang juga dapat membantu meringankan mual. Bila Anda ingin menggunakan jahe dalam membantu masalah di perut, Anda dapat memasukkan jahe pada teh, susu atau bahkan memakan manisan jahe.

 

5. Pisang

dok: viral4real.com

Pisang juga salah satu buah yang mudah untuk didapatkan, Ganjhu mengatakan buah ini populer untuk mengatasi masalah pada perut anak-anak. Karena anak-anak masih mudah untuk mengkonsumsi pisang dengan rasa yang enak.

(Achmad Rully P)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.