Sukses

Jika Merasakan 3 Tanda Haid Tak Normal Ini, Periksa ke Dokter

Segera cek ke dokter sekarang juga jika mengalami tiga tanda ini setiap menstruasi

Liputan6.com, Jakarta Haid atau menstruasi Anda selalu banyak, siklus tidak teratur, dan selalu kram ektrem setiap kali periode datang? Jika iya Anda patur waspada.

Sebab itu tanda-tanda jika haid tidak normal dan jika dibiarkan tentunya akan mengganggu aktivitas. Terlebih lagi jika tidak segera ditangani, akibatnya akan fatal untuk kesehatan Anda.

khususnya kesehatan pada bagian reproduksi. Sebab itu, segera cek ke dokter jika 3 tanda ini Anda alami setiap masa haid. Seperti yang dilansir oleh seventeen.com, Senin (3/10/2016) berikut ini:

1. Perdarahan yang banyak

Banyak mitos-mitos berkembang seputar siklus tamu bulanan yang melanda wanita.
Mengganti pembalut setiap tiga jam sekali adalah normal. Namun jika harus berganti pembalut setiap satu jam sekali dengan pendarahan yang banyak, hal ini patut diwaspadai. Apalagi jika banyak pengumpalan darah, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Karena pendarahan yang banyak dapat membuat tubuh menjadi lemah bahkan anemia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jika Merasakan 3 Tanda Haid Tak Normal Ini, Periksa ke Dokter

2. Siklus yang tidak teratur

Ternyata darah menstruasi tak selalu berwarna merah, lho. Apa maksudnya jika cairan haid berwarna lain?
Stres, kelelahan, dan penurunan berat badan yang drastis dapat mengganggu siklus periode haid. Siklus haid tidak teratur masih dianggap wajar. Biasanya Anda akan lebih cepat atau lembih lambat mendapatkan haid dari periode yang seharusnya, tergantung kondisi hormon.

Namun jika rentang waktunya terlalu lama dan berbulan-bulan ada kemungkinan Anda mengalami polycystic ovary syndrome ( PCOS) yaitu sebuah gangguan di mana hormon rusak. Jika Anda mengalami hal ini segera periksa ke dokter.

3 dari 3 halaman

Jika Merasakan 3 Tanda Haid Tak Normal Ini, Periksa ke Dokter

3. Kram yang sangat menyakitkan

Jangan sampai nggak tahu, ini 5 hal yang terjadi saat tubuh menstruasi. (Via: paleoforwomen.com)
Banyak wanita yang mengalami kram di perut semasa haid dan itu normal. Tetapi ketika sakitnya begitu parah sampai menghambat aktivitas harian, kemungkinan itu tanda endometriosis.

Ini terjadi ketika kelenjar yang tumbuh di dalam rahim menyebar ke daerah lain, seperti indung telur atau kandung kemih. Endometriosis sering menyebabkan kram ekstrem dan menyebabkan lebih banyak masalah serius jika tidak ditangani.

Widya Rahmi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.