Sukses

Ingin Rajin Merawat kulit? Simak 5 Produk Inti Berikut

Anda ingin rajin merawat kulit wajah? Simak 5 produk inti berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Dulu rutinitas perawatan wajah hanyalah sekedar membersihkan dan melembapkan. Namun kini tren dari Korea mengatakan bahwa perawatan yang tepat harus melalui 10 tahap setiap harinya.

Menurut dr. Whitney Bowe M.D, seorang dermatolog dari New York, 10 tahap perawatan tersebut memang ada gunanya, tapi tidak benar-benar wajib dilakukan. Berikut adalah hal-hal yang wajib dilakukan seperti dilansir dari Shape.com, Minggu (2/10/2016).

1. Produk pembersihan ganda

Tren pembersihan wajah dengan dua produk ini memang besar manfaatnya bagi kulit wajah. Pertama, bersihkan makeup di wajah dengan pembersih khusus makeup baik yang berupa cleansing oil ataupun cleansing milk. Sesudahnya baru gunakan pembersih wajah yang dibilas dengan air.

2. Produk pelindung

"Jangan lupa bahwa kulit tiap hari diserang oleh berbagai hal yang merusak sel-sel nya seperti sinar matahari, polusi, sinar lampu, debu dan banyak hal lain" ujar dr. Whitney. Untuk itu, dia menekankan pentingnya menggunakan produk antioksidan dan produk yang membangun kembali sel-sel kulit.

Di pagi hari ia menyarankan untuk menggunakan tabir surya yang digabung dengan serum antioksidan seperti serum vitamin C, resveratol, vitamin E, ferulic acid . Di malam hari, gunakan pelembap yang mengandung bahan pembangun sel-sel kulit seperti vitamin A atau yang dikenal sebagai retinol. Semua ini sangat membantu mengurangi timbulnya flek/noda gelap, mengurangi timbulnya kerutan serta mencerahkan kulit.

3. Produk pelembap

Menurut dr. Katherine Holcomb M.D, dermatolog dari New Orleans, semua jenis kulit perlu pelembap untuk mempertahankan lapisan di kulit. Produk perawatan ini berfungsi sebagai penghalang yang mencegah masuknya hal yang membuat iritasi kulit, melawan peradangan dan membantu kulit memperbaiki jaringannya.

Jika kulit Anda berminyak dan cenderung berjerawat ia menyarankan untuk memilih jenis pelembap kulit yang mengandung hyaluronic acid, yaitu bahan yang menambah kelembapan tanpa menambah kadar minyak di kulit.

4. Produk peremajaan kulit

Secara alami, kulit akan melepaskan sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel-sel kulit baru yang lebih segar. Tapi semakin bertambahnya usia proses ini makin melambat hingga kulit pun terlihat kusam. Dua kali seminggu, pakai scrub lembut saat membersihkan wajah. Lalu, coba gunakan produk retinoid atau AHA untuk mempercepat pergantian sel-sel kulit. Sesekali coba perawatan peeling di dokter kulit.

5. Produk spesifik

Ini adalah produk yang digunakan untuk mengatasi masalah yang spesifik. Untuk jerawat pilih produk yang mengandung salicylic acid atau benzoil peroxide. Untuk flek /noda gelap produk yang mengandung hydroquinone atau vitamin C, sedang untuk kerutan pilih produk yang mengandung peptides. Gunakan produk-produk ini sebelum pelembap.

Ardi Suryaatmaja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.