Sukses

Ramaikan Hari Batik Nasional dengan Batik Asli dari Alam

Ketahui sejarah dan serba serbi batik Indigo di sini.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai kain tradisional Indonesia, batik telah berkembang pesat sejak beberapa waktu yang lalu. Salah satu contohnya adalah hadirnya batik Indigo.

Mungkin nama batik Indigo telah familiar di telinga Anda, atau bahkan Anda telah memiliki salah satu produknya. Namun, apakah Anda tahu apakah itu batik Indigo? Bagaimana sejarahnya?

Tim Liputan6.com berhasil merangkum kisah sejarah tentang kemunculan batik yang satu ini, Indigo.

Batik Indigo adalah batik yang menggunakan 100% pewarna alami, yaitu dari tanaman Indigofera Tinctoria. Tanaman inilah yang menghasilkan warna biru menarik, yang kemudian diaplikasikan pada pakaian pria dan wanita.

Tanaman Indigofera Tinctoria.

Jika melihat sejarahnya lebih dalam lagi, Indigo juga dikenal sebagai warna para raja, karena merupakan salah satu warna alami yang tertua. Selain itu, pada zaman dahulu warna biru nila juga dipercaya untuk menunjukkan kekuasaan, kepemimpinan, kesetiaan, dan kebijaksanaan seorang raja atau kaisar.

Batik Indigo.

Berbeda dengan bahan kimia lainnya, Indigo juga membuat warna pada kain batik bertahan lebih lama dan lebih baik dari paparan sinar matahari.

Batik Indigo.

Tentu saja, untuk mendapatkan kain batik Indigo, Anda membutuhkan biaya yang lebih mahal, karena mulai dari bahan sampai pengolahannya jauh lebih sulit daripada kain batik dengan pewarna sintesis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.