Sukses

4 Hal yang Harus Anda Perbaiki Sebelum Menemukan Jodoh

Ingin menemukan jodoh? Perbaikin dulu 4 hal ini dari diri Anda.

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan seperti “Di mana ya mencari pasangan?” atau “Kenapa saya selalu gagal dalam berpacaran?” Apakah Anda selalu bertanya-tanya mengapa tidak kunjung menemukan jodoh?

Mungkin Anda juga pernah mendapatkan pertanyaan-pertanyaan semacam itu dari sahabat dekat, atau malah mungkin pernah mengalaminya sendiri. Ketika masa-masa galau itu datang menghampiri. Lalu, bayangan tentang pasangan ideal, seolah akan hadir menjadi solusi dari semua masalah dan akan menyempurnakan hidup Anda. Namun, entah kenapa, setiap kali datang seseorang, sekejap kita seperti dibawa melayang, tapi beberapa saat kemudian buyar. Hanya karena kita melihat kekurangan dari pasangan kita.

Benarkah jodoh yang sempurna itu ada? Menurut Andrew Bryant, penulis buku Self-Leadership: How to Become a More Successful, Efficient and Effective Leader from the Inside Out, seperti yang dirilis dari eharmony.com pada Minggu (2/10/2016), sebelum Anda mencari hubungan cinta yang sempurna, sebaiknya jawab dulu 4 pertanyaan ini. 

1. Jika seandainya Anda menjadi orang lain, apakah bersedia hidup dengan Anda? Sebelum kita membina hubungan yang sukses dengan orang lain, kita harus merasa nyaman dengan diri kita terlebih dahulu. Kita tidak harus menjadi seseorang yang sempurna, tapi nyaman dengan ketidaksempurnaan kita. Untuk itu, kita harus mengenali diri kita sendiri dulu, luar dalam. Apa sih, yang kita mau, perlu, dan percayai.

2. Sudahkah belajar dari pengalaman? Sebaiknya, jangan ulangi kesalahan yang pernah kita lakukan dari hubungan cinta yang sebelumnya. Hubungan kita yang sudah-sudah sesungguhnya bukanlah kegagalan, mereka adalah bagian dari proses belajar kita untuk memahami apa yang menjadi keinginan, kebutuhan, nilai, dan keyakinan kita. Jika akhirnya putus, jujurlah pada diri sendiri, kenapa itu terjadi dan hindari polanya.

3. Pernahkah Anda berusaha mengubah pasangan? Pahami bahwa satu-satunya orang yang bisa Anda ubah adalah diri Anda sendiri. Orang akan tumbuh dan berevolusi bersama hanya jika mereka saling menerima diri apa adanya. Salah satu kesalahan fatal dalam hubungan adalah ketika kita berusaha untuk mengubah pasangan. Kita bisa saja menyampaikan tentang perilaku pasangan yang membuat kita tidak nyaman, tapi pilihan untuk berubah sepenuhnya ada di tangan dirinya sendiri. Dengan mengatakan, “Jika kamu mencintaiku, kamu harus...” hanyalah akan menjadi hubungan yang manipulatif.

4. Bagaimana cara Anda berkomunikasi? Apakah sudah cukup komunikatif? Semua teori psikologi akan mengatakan bahwa tip paling fundamental dan paling kuat dalam hubungan cinta adalah komunikasi. Coba ingat-ingat lagi, apakah Anda sudah terbuka dalam menyampaikan apa yang menjadi keinginan, harapan, nilai, dan keyakinan dengan pasangan? Dan, apakah Anda sendiri terbuka dalam mendengarkan apa yang menjadi harapan pasangan, tanpa menghakimi? Percayalah, segala konflik –seberat apa pun itu- akan bisa diselesaikan dengan komunikasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini