Sukses

Ingin Cicil Rumah? Jangan Pilih Suku Bunga KPR yang Rendah!

Liputan6.com, Jakarta Membeli rumah baru pasti menjadi salah satu impian semua orang, tidak terkecuali Anda. Apalagi jika Anda sudah memiliki pekerjaan yang mumpuni untuk membeli istana pribadi. Impian untuk membeli istana pertama Anda pasti jadi wishlist yang langsung diwujudkan.

Akan tetapi, membeli rumah pertama kali pasti akan membuat Anda bingung. Mulai dari harga hingga KPR mana yang harus dipilih harus disiapkan dengan baik. Karena jika Anda salah memilih, maka impian Anda yang tercapai hanya akan sia-sia.

Untuk mencari rumah sebenarnya bukan perkara sulit, Anda bisa cek saja di sini untuk mendapatkan hunian yang cocok dengan harga yang pas juga. Tapi, bagaimana untuk menentukan KPR yang tepat? Berikut ulasannya!

1. Pilih Bank dengan Kredibiltas Terpercaya

Pilih Bank dengan Kredibiltas Terpercaya

Jangan mudah tergiur dengan suku bunga yang ditawarkan ke Anda. Alangkah baiknya jika Anda mencari tahu dulu kredibilitas bank yang akan Anda pilih. Cari tahu dahulu mengenai banyak nasabah yang dimiliki, kualitas layanan yang prima, sampai banyaknya kantor cabang yang tersebar di berbagai daerah.

Pemilihan bank yang tepat akan menjadi langkah awal yang bagus untuk Anda. Bank yang sudah memiliki kredibilitas terpecaya akan memberikan Anda keamanan dan kenyamanan dalam pelayanannya.

2. Pastikan Bunga Pinjaman

Hal yang paling penting saat membeli rumah ialah bunga pinjaman. Karena bunga akan mempengaruhi angsuran yang Anda bayarkan. Memang akan lebih baik jika Anda memilih suku bunga yang rendah, namun jangan langsung tergoda.

Suku bunga yang rendah memang akan menguntungkan, akan tetapi biasanya diikuti oleh persyaratan yang sulit. Jadi, carilah terlebih dahulu mengenai angsuran dan ketentuan yang Anda tanggung dengan suku bunga rendah.

1 dari 2 halaman

Hitung Suku Bunga

3. Hitung Suku Bunga

Agar lebih nyaman, ada baiknya untuk menghitung suku bunga terlebih dahulu. Mulailah dengan membuat tabel simulasi cicilan dan sistem suku bunga yang kiranya akan Anda pilih. Jangan lupa juga untuk memasukan jangka waktu cicilan yang Anda inginkan.

Sebaiknya Anda memilih jangka waktu yang tidak terlalu panjang, agar suku bunga yang Anda bayakan juga tidak terlalu besar. Baiknya, Anda juga berkonsultasi dengan bank yang Anda pilih mengenai suku bunga yang akan ditanggung.

4. Syarat dan Ketentuan

Menjadi hal yang paling dilupakan, sebenarnya syarat dan ketentuan jadi yang paling penting untuk di cari tahu terlebih dahulu. Anda harus mengetahui juga mengenai denda yang harus dibayarkan jika Anda telat membayar.

Lalu jangan lupa mengenai biaya lain-lain yang harus Anda keluarkan, seperti uang muka pembayaran rumah, biaya notaris dan pengurusan sertifikat dan surat-surat, biaya provisi dan administrasi, biaya premi asuransi kebakaran dan biaya premi asuransi jiwa.

Setelah mempertimbangkan itu semua, barulah Anda bisa memilih rumah mana yang tepat untuk Anda dan bank mana yang bisa dipercaya.

Powered By:

Rumah.com

 

Artikel Selanjutnya
Cek Kondisi Keuangan Anda Sebelum Beli Rumah!
Artikel Selanjutnya
Trik Mengakali Diri Sendiri untuk Menabung