Sukses

Cara Jitu Memotivasi Bawahan di Kantor

Penting bagi para manajer, simak cara gitu memotivasi bawahan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Di tangan Anda, Anda bisa membuat suasana kantor menjadi lebih menyenangkan bagi para bawahan. Sebagai pimpinan, Anda memberi dampak yang besar bagi para staf Anda.

Ucapan, gerak tubuh, ekspresi wajah, cara bertutur, segala gerak-gerik Anda memberi pengaruh pada situasi kerja di kantor. Menurut Anne Bruce, yang menulis di bukunya yang berjudul Building a High Morale Workplace yang disadur pada Jumat (30/9/2016), berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat para bawahan Anda lebih termotivasi dalam pekerjaannya.

Tunjukkan rasa hormat dan penghargaan

Ini artinya Anda harus mau berbesar hati melupakan perbedaan jabatan dalam pekerjaan dan melihat masing-masing orang melalui kualitas individual. Perasaan dihargai oleh atasan adalah kunci dalam menumbuhkan motivasi tinggi bagi para pekerja.

Berpikir sebelum berbicara

Sadari apa yang Anda katakan dan juga bagaimana mengatakannya, seperti penggunaan bahasa tubuh dan nada suara.

Jangan pernah ingkar janji

Selalu realisasikan apa yang Anda katakan. Hal ini memang terlihat sepele, namun merupakan kunci kesuksesan dalam memotivasi bawahan.

Gunakan satu ‘wajah’ saja

Anda akan memperoleh kepercayaan yang lebih besar dari bawahan jika Anda jujur dan mengatakan apa yang Anda maksud, meski itu bukan apa yang ingin didengar oleh bawahan Anda.

Jangan mengorbankan orang lain

Meskipun Anda hanya bergurau, kelakar dan olok-olok amat berbahaya dan dapat merusak rasa percaya mereka seketika.

Gunakan kata-kata sederhana, pendek, tapi mengena, saat berkomunikasi dengan bawahan

Jangan enggan dan gengsi untuk mengucapkan kata “Tolong”, “Terima kasih”, dan kalimat pujian “Wah, hasil kerjamu bagus!” 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini