Sukses

Wajib Coba 3 Resep Nasi Goreng Unik yang Menggugah Selera

Bagi penggemar nasi goreng, belum lengkap tanpa mencoba tiga menu unik yang lezat dan menggugah selera

Liputan6.com, Jakarta Nasi goreng merupakan salah satu makanan khas Indonesia dengan rasa lezat. Bahkan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ikut memuji kelezatan dan menjadikannya sebagai makanan favorit. Tidak hanya nasi goreng spesial, Anda dapat mencoba beberapa varian nasi goreng yang unik. Lantas bagaimana cara membuatnya?

Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Bahan dan cara pengolahannya sederhana. Bagi Anda yang ingin menyajikan santapan spesial ini untuk keluarga Liputan6.com merangkum tiga resep nasi goreng unik yang wajib Anda buat di rumah.

1. Nasi Goreng Merah

 Resep Nasi Goreng Unik

Nasi goreng merah merupakan menu makanan khas Makassar. Nasi goreng ini menjadi berwarna merah karena adanya campuran buah tomat yang telah dimasak secara matang. Kemudian menjadikannya sebagai bumbu pembuatan nasi goreng merah. Bagi Anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah berikut ini adalah cara membuat nasi goreng merah Makassar yang siap menggoyang lidah.

Bahan:

2 buah tomat merah 1 sendok makan minyak goreng 3 siung bawang putih, haluskan 1/2 bawang bombai, cincang kasar 100 gr udang kupas, boleh dibiarkan utuh atau dipotong sesuai selera 75 gr wortel, potong dadu 1/2 cm, rebus 50 gr jagung manis, rebus, pipil 5 batang buncis, siangi, potong bulat 1/2 cm, rebus 1 batang daun bawang, iris tipis 1 sendok makan pasta tomat 1/2 sendok teh merica bubuk 1 sendok teh garam 2 piring nasi putih 1 sendok teh kecap asin

Cara membuatnya:

1. Buang pangkal tomat kemudian rebus sebentar sampai matang. Angkat, kupas, cincang kasar, lalu saring. Ambil sari tomat segar dan sisihkan.

2. Masukkan minyak dan sari tomat ke wajan, masak sampai cairan tomat mengering. Tambahkan bawang putih dan bawang bombai, lanjutkan menumis sampai wangi.

3. Masukkan ikan atau udang, jagung, buncis, daun bawang, kemudian aduk rata. Bumbui dengan pasta tomat dan merica bubuk.

4. Masukkan nasi, aduk sampai bumbu rata menyelimuti nasi. Setelah nasi tampak kesat dan berbulir-bulir, bumbui dengan garam dan kecap asin. Aduk kembali kemudian angkat. Sajikan dengan tambahan lalapan sesuai selera.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nasi Goreng Buah Naga

2. Nasi Goreng Buah Naga

 Resep Nasi Goreng Unik

Selain rasanya yang menggugah selera, nasi goreng buah naga juga dapat dijadikan makanan untuk membuat makan si kecil lebih menarik. Warna pink cerah menggoda dan menarik sehingga anak-anak senang dan lahap memakannya. Bagi para ibu yang ingin mencoba untuk membuatnya di rumah, berikut resep selengkapnya.

Bahan:

2 piring nasi putih1/2 buah naga merah5 siung bawang merah2 siung bawang putih4 sdm minyakTelur dadar dan abongaram secukupnya

Cara membuatnya:

1. Haluskan buah naga menggunakan garpu, sisihkan.

2. Haluskan bawang merah tumis dengan minyak panas. Setelah wangi masukkan nasi dan buah naga.

3. Aduk rata kemudian masukkan garam lalu aduk sampai warna merata dan matang. Tambahkan telur dan abon sebagai pelengkap. Nasi goreng pink Anda sudah siap disantap bersama anak-anak tercinta.

3 dari 3 halaman

Nasi Goreng Mengkudu

3. Nasi Goreng Mengkudu

 Resep Nasi Goreng Unik

Bagi Anda pecinta nasi goreng, nasi goreng mengkudu ini mungkin bisa menjadi pilihan Anda. Sensasi rasa pahit dan gurih berpadu memanjakan lidah Anda. Berikut resep selengkapnya.

Bahan:

1 piring penuh nasi putih1 ikat daun mengkudu, iris tipis

Bumbu yg dihaluskan:

5 buah cabe merah4 buah cabe rawit3 siung bawang putih5 siung bawang merahKunyit secukupnyaGaram dan penyedap secukupnya

Cara Membuatnya:

1. Cuci bersih daun mengkudu sisihkan.

2. Tumis bumbu hingga harum dan matang, masukkan daun mengkudu kemudian tambahkan garam dan penyedap. Setelah wangi, masukkan nasi dan aduk rata hingga matang. Nasi goreng mengkudu Anda siap dihidangkan. Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini