Sukses

Kenali Manfaat Baik dari Makanan Pedas dan Sambal untuk Kesehatan

Suka makan pedas dan sambal? Ini manfaatnya buat Anda.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda suka makan makanan pedas dan sambal? Apakah Anda merasakan sensasi yang menggembirakan setiap kali Anda makan makanan pedas dan sambal? Ternyata, makanan pedas bisa memberikan manfaat bagi kesehatan Anda.

Dikutip dari Lifehack, Kamis (29/9/2016) penelitian telah menunjukkan bahwa makanan pedas dan sambal bisa meningkatkan kesehatan dan otak kita secara keseluruhan, karena tingkat konsentrasi rasa yang tinggi.

Penasaran apa saja manfaatnya?

Makanan pedas memperkuat koneksi antar sel otak
Paprika merah mengandung senyawa yang dikenal sebagai apigenin. Hal ini telah terbukti dapat memperkuat hubungan antara sel-sel otak.
Penelitian lain telah menunjukkan bahwa apigenin, flavonoid, juga dapat menjadi agen kuat dalam melestarikan fungsi otak utama seperti memori dan belajar.
Hal ini juga dapat memberikan perlindungan terhadap gangguan yang kerap terjadi, seperti Alzheimer Disease, Parkinson, dan beberapa gangguan mental seperti skizofrenia.

Makanan pedas dapat membuat Anda hidup lebih lama
Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard terhadap setengah juta orang China menunjukkan, bahwa makanan pedas dapat membantu Anda hidup lebih lama. Secara khusus, orang yang makan cabai beberapa kali seminggu menurunkan risiko kematian sebesar 14 persen.
Mengapa? Diperkirakan bahwa capsaicin, senyawa yang ditemukan dalam paprika, memiliki efek menguntungkan pada metabolisme dan langsung mengurangi resiko terkena berbagai penyakit, termasuk kanker.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.