Sukses

Mengapa Ada Mitos Wajah yang Mirip Berarti Jodoh?

Banyak orang mengatakan, pasangan dengan wajah mirip akan menjadi jodoh. Dari manakah asal mula mitos tersebut?

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang mengatakan, pasangan dengan wajah mirip akan menjadi jodoh. Sebagian orang menerimanya sebagai mitos, sebagian orang menganggapnya sebagai suatu hal yang kebetulan belaka. Namun setelah ditelisik lebih dalam, ternyata kemiripan wajah sepasang kekasih terjadi karena merupakan faktor kebersamaan. Wajah wanita dan pria akan perlahan menyerupai satu sama lain ketika mengalami berbagai hal bersama. Dari sinilah kemudian muncul mitos pasangan yang mirip akan menjadi jodoh.

Seperti yang dilansir dari situs Bustle, Kamis (29/9/2016), ternyata ada tiga faktor utama mengapa wajah Anda dan pasangan perlahan akan menyerupai satu sama lain. 

1. Latar belakang yang sama
Kebanyakan orang akan memilih pasangan dengan latar belakang yang sama. Mulai dari pendidikan, pekerjaan, kegemaran, tinggi badan, dan lainnya. Ketika Anda memulai sebuah hubungan dengan latar belakang yang sama tentunya bisa membuat Anda dan pasangan saling mengerti satu sama lain. Hal ini perlahan akan membuat Anda dan pasangan terlihat mirip dalam bentuk wajah jika dilihat lebih detail. Bisa saja memang jodoh, namun pada dasarnya alam bawah sadar Anda telah memilih pasangan berdasarkan latar belakang yang mirip dengan diri Anda.

2. Menjalani hari bersama-sama
Menjalani hari bersama-sama dengan pasangan merupakan salah satu faktor akhir Anda memiliki wajah mirip. Menurut penelitian tentang Facial Likeness yang diungkap psikolog Robert Zajonc dari Universitas Michigan (1987), pasangan yang semakin lama bersama akan memperlihatkan kemiripan yang semakin banyak. Seperti ketika ia meminta untuk mencocokkan foto-foto berdasarkan kesamaan wajah, ditemukan bahwa pasangan bahagia yang sudah menikah lebih dari 25 tahun memiliki wajah yang sangat mirip.

3. Semakin bahagia pasangan, semakin mirip wajahnya
Masih dengan menggunakan teknik dari psikolog Zajonc tentang emotional face mirorring yang menemukan bahwa pasangan dengan kondisi emosional yang sama akan meniru satu sama lain. Tidak hanya tingkah laku, bentuk wajah pun perlahan dapat serupa. Ketika Anda memiliki kondisi emosional yang bahagia akan membuat pasangan Anda juga bahagia. Saat Anda dan pasangan bahagia perlahan wajah Anda berdua semakin mirip.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.