Sukses

Persiapkan 5 Hal ini Saat Merencanakan Pernikahan di Luar Kota

Ada beberapa hal esensial yang perlu dicermati saat merencanakan pesta pernikahan di luar kota. Simak ulasannya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Semakin banyak pasangan yang memilih luar kota atau luar negeri sebagai lokasi pesta pernikahan. Namun, banyak juga yang sebenarnya tidak memiliki bayangan sama sekali seperti apa repotnya merencanakan sebuah destination wedding. Ternyata ada beberapa hal esensial yang perlu dicermati, berikut adalah daftarnya:

Sediakan waktu lebih
Surat-surat dan berbagai dokumen adalah hal yang paling penting diurus dalam upacara pernikahan, karena itulah yang akan membuat pernikahan Anda sah. Hal ini termasuk berbagai izin menyelenggarakan acara atau pesta. Sediakan waktu lebih untuk mengatur pernikahan yang dilakukan di luar kota. Karena tentunya jarak akan membuat persiapan harus dilakukan dalam waktu yang lebih lama.

Bandingkan Nilai Uang
Tak hanya di luar negeri yang tentunya memiliki nilai tukar mata uang berbeda, di luar kota pun nilai uangnya berbeda. Dengan kata lain daftar harga yang Anda lihat di kota Anda bisa-bisa berbeda jauh dengan daftar harga di kota tujuan. Jakarta dan Bali tentunya menyediakan vendor yang lebih mahal daripada Bandung dan Yogyakarta misalnya. Pastikan Anda mengatur anggaran yang sesuai dengan nilai uang lokasi tujuan.

Undangan Lebih Cepat
Saat Anda bisa memastikan tanggal pernikahan, segera kirim undangan, atau setidaknya mengirim save the dates” untuk memberi notifikasi awal bagi tamu yang diundang. Tamu perlu mempersiapkan waktu perjalanan, atau mungkin perlu mengambil cuti juga untuk menghadiri pesta Anda.

Menghubungi Maskapai Penerbangan
Jika Anda perlu membawa gaun pernikahan Anda secara hand-carry dan ukurannya lumayan besar, hubungi maskapai penerbangan terlebih dahulu. Biasanya akan ada toleransi, atau mungkin pengenaan biaya tambahan yang diberikan untuk calon pengantin.

Gunakan Wedding Planner
Jika Anda tidak memiliki bayangan sama sekali dan bingung untuk memulai dari mana saat akan menyelenggarakan pernikahan di luar kota, namun tidak dengan wedding planner lokal yang sudah terbiasa. Karenanya pastikan Anda menggunakan jasa wedding planner, yang biasa menangani acara pesta pernikahan di daerah tujuan agar tidak ada yang terlewat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini