Sukses

Santap 7 Makanan Ini agar Tidur Makin Lelap

Dapatkan tidur berkualitas yang nyenyak dan lelap dengan menyantap tujuh makanan ini

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang mendapatkan tidur nyenyak sangatlah sulit. Hal ini bisa terjadi karena stres, gelisah, sampai terlalu lelah.

Padahal tidur begitu penting, termasuk kualitasnya. Saat kita merasa tidak nyenyak berarti tidur tidak berkualitas. Jika tidur tidak berkualitas, hal ini akan berdampak pada performa diri yang mudah lelah, lemah, dan kurang bertenaga.

Sebab itu perlu bagi kita yang merasa kualitas tidur masih buruk untuk memperbaikinya. Dilansir dari marieclaire.com, Senin (26/09/2016) ada beberapa makanan yang dapat membantu kualitas tidur lebih baik dan menjadikan tidur nyenyak. Berikut beberapa makanan tersebut:

1. Sereal

Sereal
Sereal mengandung vitamin B6 yang merupakan salah satu hal yang dapat membuat tidur lelap. Konsumsi sereal setiap pagi sebagai pengganti sarapan dapat membantu tidur lebih nyenyak di malam hari.

2. Pisang

Manfaat pisang untuk kecantikan
Pisang kaya akan magnesium dan trytophan yang fungsinya bisa sebagai penenang. Ditambah lagi kalium yang bisa melemaskan otot-otot sehingga membantu tubuh lebih rileks dan bisa tidur nyenyak

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Santap 7 Makanan Ini agar Tidur Makin Lelap

3. Kubis

Foto: Fitandfit.com
Kubis mengandung kadar kalsium yang tinggi ini menawarkan konsentrasi tinggi mendorong keinginan untuk tidur menjadi lebih kuat.

4. Yoghurt dan madu

Jika Anda memesan segelas ice blended campuran buah-buahan atau sayur dengan menambahkan cokelat, kacang-kacangan, frozen yoghurt, dan sirup serta disajikan dalam gelas ukuran besar, smoothies yang tadinya sehat akan menjadi perusak diet Anda. (Istimewa)
Banyak orang sering merekomendasikan minum susu hangat sebelum tidur karena mengandung kalsium. Kalsium membantu proses trytophan dan melatonin lebih cepat bekerja dan menimbulkan kantuk. Begitu juga dengan yoghurt, dengan menambahkan madu dapat membuat tidur terasa lebih nyenyak.

3 dari 3 halaman

Santap 7 Makanan Ini agar Tidur Makin Lelap

5. Kacang

Omega 3 dalam kacang almond adalah salah satu obat alami yang bisa bantu lelah dalam tubuh berkurang. Selain kacang almond, beberapa biji-bijian juga sangat baik dalam menormalkan kembali stamina tubuh yang berkurang akibat kelelahan. (Istimewa)
Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan lain-lain juga mengandung tingkat triptofan yang dapat membantu tidur lebih nyenyak.

6. Keju dan cracker

Crackers (Via: atlantesrt.it)
Protein dalam keju menyediakan trytophan yang membantu kita tertidur lebih mudah. Ditambah dengan karbohidrat di cracker, yang dapat membantu trytophan lebih cepat sampai ke otak, sehingga memerintahkan Anda untuk segera tidur lelap.

7. Ikan

Ketika Anda merasa lelah, cobalah untuk mengkonsumsi ikan salmon yang telah diolah menjadi masakan kesukaan Anda. Cukup makan sedikitnya 50 gram ikan salmon, hal ini sudah bisa membuat Anda lebih bersemangat serta terjaga. (Istimewa)
Salmon dan tuna mengandung vitamin B6 yang dapat memproduksi melatonin yang nantinya akan membantu untuk menimbulkan perasaan mengantuk lebih cepat dan membuat tidur lebih nyenyak.

Widya Rahmi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini