Sukses

3 Tips Jitu Traveling Bersama Anak

Ingin berpergian dengan anak-anak? Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang memiliki pemahaman yang kurang tepat tentang traveling bersama anak-anak. Mereka berpikir anak-anak akan merepotkan dan menjadi penghalang untuk berjalan-jalan.

Padahal dengan berbagi kegembiraan dalam sebuah perjalanan dengan anak-anak kecil, orang tua juga dapat memberikan pengalaman belajar, pelajaran hidup, dan kenangan yang dibangun dalam sebuah proses.

Traveling dengan anak-anak mereka tidak hanya mungkin untuk dilakukan, namun juga akan sangat bermanfaat.

Ingin berpergian dengan anak-anak? Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan seperti yang dikutip dari Huffingtonpost, Rabu (28/9/2016):

Persiapan dan persediaan

Mengemas tas pasti akan menjadi jauh lebih rumit dibandingkan sebelumnya. Namun jika Anda siap dengan pilihan barang yang tepat, perjalanan Anda akan jauh lebih lancar dari yang Anda harapkan.

Pastikan Anda membawa banyak makanan ringan, mainan, dan beragam hiburan untuk menjaga anak-anak bahagia sepanjang jalan. Mereka mungkin tidak dapat memahami mengapa mereka harus duduk di pesawat selama 10 jam, menunggu dalam antrian selama 30 menit, atau menghabiskan seluruh hari di dalam mobil, berjalan keliling kota dan tersesat.

Ada banyak barang anak-anak yang dapat dilipat dan mudah dikemas. Hanya dengan mencarinya di internet, Anda dapat menemukan mainan terbaik, tas diaper, mainan, gendongan, hingga tempat makan sesuai dengan jenis perjalanan yang sesuai dengan anggaran Anda.

Pilih tujuan yang kid friendly dan ramah anak-anak

Meskipun Anda mungkin tertarik untuk hiking ke Gunung Everest, itu tidak berarti bahwa anak-anak Anda bisa. Saat bepergian dengan anak-anak kecil, pilih lokasi tempat yang dapat membuat kedua orang tua dan anak-anak dapat menikmati tujuan perjalanan dengan maksimal.

Lakukan sedikit riset, gunakan imajinasi Anda dan bayangkan tempat itu akan membuat Anda dan keluarga bahagia. Temukan destinasi yang akan memuaskan nafsu berkelana Anda sambil menghibur anak-anak.

Museum, akuarium atau tempat hiking yang mudah bisa menjadi pilihan. Bahkan jika tidak ada tempat yang cocok bagi anak-anak, Anda dapat menemukan cara untuk membuatnya tampak lebih menarik bagi mereka.

Persiapkan Anak-anak jika harus menghadapi keadaan darurat

Salah satu kekhawatiran terbesar bagi orang tua yang bepergian dengan anak-anak mereka adalah kenyataan bahwa mereka bisa tersesat.

Bekali setiap anak dengan alamat ke hotel Anda tinggal, nomor telepon yang dapat mereka hubungi untuk menghubungi Anda, smartphone untuk menghubungi Anda, atau pelacak yang dapat diletakkan pada pakaian atau tas mereka. Dengan begini traveling bersama anak-anak pun akan berjalan aman dan tenang.

Tera Tri Yusepi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini